Menurut Studi, Orang dengan Sifat Seperti Ini Tidak Tertarik Selingkuh

Febi Anindya Kirana14 Jun 2020, 12:45 WIB
Pernikahan

Fimela.com, Jakarta Selingkuh selalu menjadi topik pembahasan cinta yang menarik sekaligus kontroversial. Orang selalu ingin tahu apa alasan seseorang selingkuh, dengan siapa orang biasanya selingkuh atau seperti apa biasanya sifat seseorang yang mudah selingkuh.

Karena percaya atau tidak, kepribadian atau sifat seseorang memang memiliki andil dalam menentukan apakah ia mudah selingkuh atau tidak. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Personality and Individual Differences menemukan bahwa ada satu sifat khusus yang terbukti membuat seseorang tidak tertarik selingkuh, yaitu Conscientiousness (hati nurani).

Sifat seseorang yang tidak mudah selingkuh

Pernikahan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Dalam Kepribadian Big Five, aspek kepribadian dibagi menjadi lima, yaitu Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroticism. Dalam hal ini, ternyata orang-orang yang memiliki kepribadian Conscientiousness punya kemungkinan kecil untuk selingkuh.

Mengapa demikian? Orang berkepribadian Conscientiousness umumnya bertindak lebih hati-hati, teratur, bertanggung jawab dan dapat diandalkan. Mereka memiliki ambisi mencapai sesuatu tapi memilih jalan yang "bersih" dan benar.

Penelitian yang diadakan dengan cara survei terhadap 576 orang dewasa terkait kepribadiannya dan kebiasaan selingkuh ini menjelaskan, selain memiliki kemampuan mengendalikan diri yang baik saat berada di lingkungan sosial, ia juga cenderung berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak, dasar inilah yang menjadikannya kuat menjalani komitmen pernikahan tanpa adanya perselingkuhan.

Jadi, coba kenali lebih dalam pasangan apakah ia memiliki kepribadian seperti ini ya Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓