Sukses

Lifestyle

4 Tips Merawat Tanaman Lidah Buaya di Dalam Ruangan

Fimela.com, Jakarta Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang cukup populer untuk ditaruh dan diletakkan di dalam ruangan. Selain diyakini bisa bantu menjaga udara tetap bersih, tanaman ini juga terbilang mudah perawatannya. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman lidah buaya di dalam ruangan.

Bagi yang baru akan mencoba untuk memiliki tanaman lidah buaya di dalam ruangan, empat hal ini menjadi hal-hal dasar yang harus diperhatikan. Mulai dari lokasi untuk meletakkan tanamannya hingga seberapa rutin menyiramnya. Selengkapnya langsung saja simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Letakkan di Tempat dengan Sinar Matahari Langsung

Melansir joyusgargden.com, lidah buaya butuh sinar matahari alami dan terang untuk bisa tumbuh. Tanaman ini butuh banyak sinar matahari. Kekurangan sinar matahari akan membuat tanaman ini lemah dan membuat daunnya tidak mendapat cukup nutrisi. Untuk itu, letakkan di tempat yang bisa kena sinar matahari langsung. Tapi bukan di tempat yang terlalu terik. Misalnya, bisa diletakkan di dekat jendela yang menghadap selatan atau utara. Pastikan menggunakan pot yang memiliki lubang drainase.

2. Siram saat Tanahnya 3/4 Kering

Terlalu sering disiram hanya akan membuat pelepahnya berwarna cokelat dan lembek. Siram tanaman ini saat tanhanya tampak 3/4 kering. Bisa disiram sekali dalam dua minggu. Saat menyiram, siram sampai airnya keluar melalui lubang drainase.

3. Gunakan Pupuk Organik Secukupnya

Kebanyakan pupuk bisa menyebabkan akar tanaman lidah buaya menjadi busuk atau rontok. Gunakan pupuk secukupnya dan teratur. Bisa dalam jangka dua minggu sekali dengan takaran sekitar dua gram untuk setiap pot.

4. Bila Muncul Tunas, Pindahkan ke Pot Lain

Bila muncul tunas yang tumbuhnya melebihi 10 cm, sebaiknya segera pindahkan ke wadah atau pot lain. Karena bila dibiarkan tunas tersebut akan berkompetisi dengan tunas induk untuk mendapat nutrisi sehingga pertumbuhan tunas induk pun tidak optimal.

Itu tadi hal-hal dan tips dasar yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman lidah buaya. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading