Sukses

Lifestyle

4 Tips Merawat Tanaman Lidah Mertua di Dalam Ruangan

Fimela.com, Jakarta Tanaman lidah mertua selain bisa menambah estetika bila ditaruh di dalam ruangan juga diyakini bisa menyerap racun. Cocok ditaruh di dalam rumah karena bisa bantu menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen pada malam hari. Tak heran jika tanaman lidah mertua atau sansevieria ini sangat populer sebagai tanaman dalam ruangan.

Perawatan tanaman lidah mertua ini juga cukup mudah. Mulai dari penyiraman hingga pemilihan media tanamnya tidak terlalu menyulitkan. Selengkapnya langsung saja simak tips-tipsnya di bawah ini.

1. Berikan Paparan Sinar Matahari yang Cukup

Mengutip joyusgargden.com, tanaman lidah mertua bisa menoleransi sinar redup dan terang. Tapi tetap perlu mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Kita bisa meletakkannya di dekat jendela yang menghadap selatan atau meletakkan sekitar 10 meter dari jendela yang menghadap barat atau timur. Bila tidak memungkinkan mendapat lokasi yang pas di dalam rumah untuk tanaman ini, kita bisa mengeluarkan tanaman ini setiap pagi untuk mendapatkan sinar matahari langsung selama beberapa saat.

2. Siram Dua Kali Seminggu

Tanaman lidah mertua pada dasarnya tak membutuhkan terlalu banyak air. Tanaman ini bisa bertahan di tempat yang persediaan airnya tidak melimpah. Kita bisa menyiramnya dua kali seminggu.

3. Gunakan Pupuk Organik

Pada umumnya tanaman lidah mertua bisa ditanam di tanah biasa selama tidak terlalu lembap. Kalau menggunakan pupuk, disarankan menggunakan pupuk organik yang bisa terurai dalam kurun waktu yang cukup lama. Pupuk cair atau pupuk kocor tidak terlalu disarankan untuk tanaman lidah mertua.

4. Bersihkan dari Gulma

Bila ditaruh di dalam ruangan, kecil kemungkinan akan tumbuh gulma. Tapi sebaiknya sebelum ditaruh di dalam ruangan, pot tanaman lidah mertua sebaiknya bebas dari gulma atau rumput liar. Bersihkan dari gulma agar tanaman lidah mertua bisa tumbuh dengan baik.

Itu tadi tips-tips dasar dalam merawat tanaman lidah mertua di dalam ruangan. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading