Sukses

Lifestyle

Belajar dari Florence Chadwick, Perenang Perempuan AS Pertama yang Catat Rekor Sejarah

Fimela.com, Jakarta Nggak ada batasan bagi perempuan buat mengejar passion. Pelajaran berharga ini juga bisa kamu dapatkan dari cerita Florence Chadwick. Ia adalah atlet perempuan AS pertama yang mencatatkan rekornya berenang melintasi Selat Inggris di tahun 1950. Ia juga menjadi perempuan pertama yang berenang melintasi perairan terkenal lain, seperti Selat Gibraltar dan Selat Bosporus. Di bawah ini lebih lengkap tentang perjalanan hidup dan beragam prestasi Florence Chadwick.

Kehidupan Kecil Florence Chadwick

Florence Chadwick lahir tepat pada tanggal 8 November 1918 dari ayah seorang polisi bernama Richard Chadwick dan seorang ibu rumah tangga bernama Mary Lacko. Florence lahir dan tumbuh besar di San Diego dan lulus SMA pada tahun 1936. Tercatat sepanjang hidupnya, ia beberapa kali melakukan pernikahan dan bercerai sebanyak dua kali, meski tak pernah dikaruniai anak.

Kesukaan Berenang Muncul Sejak Kecil

Kegemaran Florence pada olahraga renang emang udah muncul sejak kecil, terbukti ia sukses mencetak kemenangan pertama tepa pada usia 10 tahun. Di usia sebelia itu, ia menyadari kesukaannya berenang di laut ketimbang di kolam renang. Tak heran jika di usia yang sama, Florence telah menjelma jadi orang termuda pertama yang sukses berenang melintasi Teluk San Diego. Baru pada usia 11 tahun, ia mengikuti berbagai kompetisi berenang terbuka dan sukses memenangkan perlombaan renang amatir di Laut California Selatan.

Perjuangan Gigih dan Pencapaian Emas

Kemudian ia berhasrat untuk melintasi selat Inggris, dan akhirya pada tahun 1950 ia mengikuti kompetisi renang di teluk Channel. Namun sayang Florence menemui penolakan akibat dianggap kurang memiliki prestasi. Akan tetapi ia tak menyerah begitu saja, berbekal biaya sendiri setelah mengalami kegagalan setelah total 14 jam berada di dalam air, akhirnya ia memetik keberhasilan pada bulan Agustus dan mencatatkan sejarah brilian di dunia renang.

Jadi, tepat pada tanggal 9 Agustus 1950 di usia 31, Florence sukses menyeberangi Selat Inggris, dari Prancis ke Inggris dalam waktu 13 jam 20 menit. Catatan waktu tersebut sukses melampaui pemengang rekor pada waktu itu yakni Gertrude Ederle, seorang perenang yang berasal dari Amerika Serikat. Tak berhenti sampai situ, setahun kemudian Chadwick kembali menorehkan rekor dengan menyeberangi Selat Inggris lagi, kali ini dari Inggris ke Prancis dalam waktu 16 jam 22 menit. Catatan tersebut menjadikannya perenang wanita pertama yang sukses berenang melintasi Selat Inggris pulang-pergi.

Jadi Legenda Renang Dunia

Catatan prestasi Florence tak berhenti sampai di situ saja, tepat pada tahun 1952 ia berusaha melintasi Pulau Catalina hingga garis pantai California yang jauhnya mencapai 26 mil. Diapit 2 perahu kecil, setelah 15 jam berada di dalam air kabut datang dan Florence mulai ragu dapat mencapai tujuannya. Setelah melanjutkan berenang sekitar 1 jam, akhirnya ia meminta untuk ditarik keluar laut. Sayangnya, ketika telah berada di atas perahu ia menyadari jika tujuannya hanya 1 mil lagi.

Dua bulan berikutnya ia mencoba lagi dan sukses menembus kabut tebal yang jadi penghalang terdahulunya. Pada musim panas tahun 1953, Florence kembali mencatatkan kesuksesan berenang melintasi selat Gibraltar, Bosporus, dan Dardanelles. Pencapaian tersebut yang membuatnya menjelma jadi salah satu legenda renang dunia sampai saat ini.

Segala prestasi yang berhasil dimiliki jelas nggak lepas dari latihan rutin dan determinasi yang tinggi. Jadi sosok inspiratif, nggak heran jika nama Florence Chadwick diabadikan dalam San Diego Hall of Champions.

Sesuai namanya, Hall Of Champions menjadi museum di mana kamu dapat menemukan beragam kisah inspiratif atlet dunia dari berbagai cabang olahraga, sports club, hingga sports game. Terletak di jantung Taman Balboa yang indah, SDHOC dikelola oleh San Diego Sports Association atau Asosiasi Olahraga San Diego. Cari tahu selengkapnya dengan klik SDHOC.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading