Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Homemade Tempe Cukup 2 Bahan Saja

Fimela.com, Jakarta Tempe ada setiap hari dijual di pasar dengan harga murah. Tapi pernahkah penasaran ingin membuat sendiri tempe di rumah? Karena ternyata cara membuatnya tidak susah dan bahannya juga tidak susah. Ini dia resep cara membuat tempe homemade.

Bahan:

  • 200 gr kacang kedelai kering
  • ragi tempe secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Rendam kacang kedelai selama semalam agar empuk dan mengembang. Buang airnya dan ganti air bersih.
  2. Rebus kedelai hingga matang atau kulitnya cukup mudah dilepas. Setelah cukup hangat, tiriskan kedelai dan buang kulit arinya yang mengelupas.
  3. Rebus lagi kedelai hingga mendidih. Tiriskan kedelai dan keringkan di atas kain lap bersih yang kering. Campurkan dengan ragi tempe secukupnya.
  4. Siapkan plastik atau daun pisang, masukkan tempe ragi secukupnya.
  5. Tusuk-tusuk plastik setelah dibungkus. Simpan tempe di tempat gelap atau bisa juga ditutup kertas. Jika tempe sudah berkeringat, buka kertas. Umumnya sehari sudah memadat dan menjadi tempe yang bisa diolah.

Tips

  • Di balik kemasan ragi ada petunjuk yang bisa diikuti berapa banyak ragi yang harus dicampurkan ke dalam tempe.
  • Jangan terlalu banyak atau penuh mengisi plastik tempe agar bisa terfermentasi dengan baik dan nantinya akan memadat sendiri.
  • Biarkan terfermentasi apa adanya di suhu ruangan. Tanda jika tempe terfermentasi dengan baik adalah munculnya jamur berwarna putih dan tempe terasa hangat.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading