Sukses

Lifestyle

New Normal, Belajar di Rumah? Ini Cara Ciptakan Ruang yang Nyaman untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Pandemi virus corona membuat kita harus beradaptasi dengan banyak hal. Begitu juga tentang proses belajar mengajar anak yang untuk sementara harus dilakukan di rumah. Bagi banyak orangtua, tentu proses belajar di rumah jadi momen yang sangat menantang.

Tidak semua anak memiliki fokus yang baik saat belajar di rumah. Banyaknya distraksi mempengaruhi proses pembelajaran di rumah. Seperti yang dilansir dari homeguides.sfgate.com, ternyata ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membuat si kecil lebih konsentrasi saat mengikuti proses pembelajaran di rumah, salah satunya dengan membuat ruang belajar. Lalu, bagaimana cara menciptakan suasana ruang yang baik? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Terapkan dasar ruang belajar

Siapkan sudut atau ruangan tersendiri yang tenang untuk anak melakukan proses belajar. Pastikan tidak ada TV, dan jauh dari area bising agar anak bisa lebih fokus. Di saat merancang ruang belajar, pastikan untuk ciptakan suasana yang menstimulasi sehingga dapat mengoptimalkan proses belajar.

Cara ciptakan ruang belajar di rumah

2. Pilih warna tembok yang segar dan menenangkan

Jika kamar anak di dominasi dengan tembok yang playful, terapkanlah aksen minimalis pada ruang belajar. Warna hijau muda, biru muda, kuning muda, dapat meningkatkan konsentrasi dan menimbulkan rasa nyaman pada suasana ruangan.

3. Meja dan kursi yang nyaman

Anak masih dalam masa pertumbuhan. Posisi duduk mempengaruhi pertumbuhan dan pembentukan tulang. Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih kursi belajar yang tepat dan juga meja yang sempurna sehingga si kecil bisa belajar dengan nyaman.

Cara ciptakan ruang belajar di rumah

4. Pencahayaan

Pencahayaan harus tepat. Ushakan ruangan disertai lampu belajar dan lampu utama yang memadai sehingga nyaman dan membuat anak dapat belajar dengan baik.

5. Memiliki lemari penyimpanan

Lemari penyimpanan penting dimiliki di dalam ruangan belajar. Fungsinya untuk menyimpan segala perlengkapan sekolah mulai dari buku, alat tulis, tas, dan lain sebagainya. Tidak usah memiliki lemari terlalu besar, tapi setidaknya cukup untuk menyimpan semua perlengkapan dengan rapi.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading