Sukses

Lifestyle

Memajukan UMKM di Marketplace dengan Kehadiran Kakak Asuh

Fimela.com, Jakarta Kehadiran teknologi digital membantu kemajuan roda perekonomian UMKM di Indonesia. Kini, banyak yang memanfaatkan teknologi digital, berupa marketplace secara online, untuk meningkatkan potensi bisnis di UMKM. Hanya saja belum semua UMKM memasuki dunia marketplace karena tidak memahami strategi pemasaran secara digital.

Sehingga Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah meluncurkan program Kakak Asuh UMKM (KAU) untuk mempercepat upaya tranformasi digital para pelaku UMKM, terutama melalui online marketplace. Bekerja sama dengan Lazada Indonesia, program ini akan mencetak para ahli marketing digital yang bertindak sebagai kakak asuh.

Kakak Asuh yang terpilih nantinya akan mendampingi para pelaku UMKM dalam memanfaatkan marketplace secara lebih efisien. Calon kakak asuh bisa melakukan pendaftaran melalui situs EDUKUKM.ID.

Peserta tyang terdaftar akan disaring kembali untuk selanjutnya mendapat pelatihan online sebagai kakak asuh serta sertifikat online. Kakak asuh kemudian mencari UMKM untuk dibantu melakukan penjualan melalui Lazada.

 

Upaya memperluas pasar UMKM

Ir. Arif Rahman Hakim, M.S., selaku Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop UKM mengakui bahwa industri UMKM menemukan tantangan perihal memaksimalkan pemasaran digital melalui platform online. Padahal jika dimanfaatkan dengan maksimal, UMKM bisa menjangkau pasar yang lebih luas secara efektif.

Melalui program Kakak Asuh UMKM, para pelaku UMKM Indonesia agar dapat bersaing dan mengembangkan bisnis secara optimal. Leonard Theosabrata selaku Direktur Utama SMESCO Indonesia berharap program ini bisa menambah pengetahun dan pengalaman para pelaku UMKM di kemudian hari.

Program KAU ini sejalan dengan Gerakan Nasional #banggabuatanIndonesia yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020. Melalui KAU, diharapkan UMKM bisa menjadi salah satu upaya keberlangsungan bisnis, terutama UMKM.

Dalam program KAU, setiap kakak asuh diharapkan bisa membantu 2-3 UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka di e-commerce. Penjual Lazada juga berkesempatan menjadi Kakak Asuh dan akan diseleksi berdasarkan beberapa kriteria, di antaranya kesamaan visi misi untuk memberdayakan UKM di Indonesia.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading