Sukses

Lifestyle

Rencana Keuangan untuk Masa Depan, yang Harus Disiapkan Mulai Sekarang

Fimela.com, Jakarta Setelah bekerja, tentunya kita harus menjadi orang yang lebih mandiri, karena sudah terlepas dari orang tua. Saat sudah bekerja, jangan lupa untuk membuat perencanaan tentang keuangan, karena merencanakan keuangan dari sekarang sangat penting untuk masa depan. 

Sahabat Fimela harus pintar mengatur keuangan, mulai dari gaji bulanan dari kantor, atau uang yang didapat dari pekerjaan sambilan lainnya.

Berikut contoh rencana keuangan, yang bisa dilakukan mulai sekarang untuk masa depan, dilansir dari berbagai sumber:

 

Tabungan

Untuk merencanakan keuangan masa depan, tentunya kita harus menabung mulai dari sekarang, dan mulai hidup dengan berhemat. Setelah menerima pendapatan bulanan, bagi pendapatan ke dalam beberapa dompet, contohnya sisihkan 60% pendapatan untuk tabungan masa depan.

Sisanya gunakan uangmu sebaik mungkin, untuk membeli barang yang penting, dan tahan untuk membeli barang yang tidak terlalu penting.

Investasi

Investasi merupakan hal yang baik dilakukan, untuk megatur keuangan mulai dari sekarang, yang bisa digunakan untuk masa depan. Dengan investasi, tabungan yang disimpan bisa mendapatkan bunga yang lebih besar, daripada menabung di tabungan biasa.

Jika pendapatanmu berlebih, investasikan pendapatanmu pada properti, deposito atau emas. Kamu juga bisa berinvestasi dengan saham. Namun jangan lupa, konsultasikan dengan ahli keuangan sebelum berinvestasi.

 

Asuransi

Untuk membantu mengatur keuangan di masa depan, jika sudah memiliki pendapatan tetap, gunakanlah uangmu untuk mendaftar asuransi mulai dari sekarang.

Memiliki asuransi mulai dari sekarang sangatlah penting, walaupun sebagian orang merasa bahwa memiliki asuransi tidak penting, tapi asuransi bisa digunakan pada masa depan.

Memiliki asuransi bisa menyelamatkan diri dari penyakit berat, atau kecelakaan, yang bisa datang secara mendadak dan membutuhkan biaya yang sangat besar.

 

Membeli Rumah

Rumah adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki di masa depan. Selagi masih belum berkeluarga, Sahabat Fimela bisa membeli rumah, dengan cara mencicil atau yang sering disebut dengan KPR.

Sebelum membeli rumah dengan KPR, perhatikan dulu pendapatan yang diterima tiap bulannya, lalu hitung besar cicilan dan berapa lama cicilannya.

Membeli rumah dari sekarang, bisa membuatmu lebih tenang pada saat memiliki keluarga, karena tidak perlu pusing membayar cicilan rumah pada saat berkeluarga.

 

Membeli Mobil

Membeli mobil di masa sekarang, bisa dijadikan untuk tabungan dimasa depan, walaupun mobil bukan merupakan kebutuhan yang terlalu darurat. Sebagai seorang perempuan, pasti akan lebih aman saat bekerja dan pulang malam jika bisa pergi menggunakan mobil, daripada harus menggunakan kendaraan umum disaat malam hari.

Mulai mengambil cicilan untuk membeli mobil, agar cicilan mobil tidak terlalu merepotkan, jika sudah berkeluarga kelak.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading