Tips Membuat CV yang Baik, Wajib Cantumkan 3 Info Penting Ini

Endah Wijayanti19 Jun 2020, 10:27 WIB
perempuan mandiri itu

Fimela.com, Jakarta Curriculum Vitae (CV) yang baik menjadi "amunisi" awal untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Setidaknya dengan CV yang baik, kita bisa punya peluang lebih tinggi dilirik untuk perekrut kerja dan lanjut ke tahap seleksi kerja yang berikutnya. Lalu, bagaimana cara membuat CV yang baik?

Sebenarnya tidak terlalu sulit membuat CV yang baik untuk melamar pekerjaan. Samuel Ray dalam bukunya Lagi Probation, menuliskan bahwa sebetulanya hanya ada tiga informasi utama yang wajib masuk ke CV. Apa sajakah informasi yang dimaksud? Langsung saja simak infonya di sini.

1. Informasi Pribadi

Bukan berarti semua hal yang terkait dengan kehidupan pribadimu dicantumkan. Yang dimaksud di sini adalah informasi dasar mengenai identitasmu. Mulai dari nama lengkap, nomor telepon yang aktif, dan alamat surat menyurat (baik pos maupun surel). Kamu wajib mencantumkan informasi pribadi ini untuk membantu perekrut menghubungimu. Cantumkan data yang benar. Nomor telepon yang dicantumkan cukup satu saja yang selalu aktif setiap saat. Untuk alamat surel, sebaiknya gunakan nama lengkapmu untuk menciptakan kesan lebih profesional. 

2. Informasi Pekerjaan

glass ceiling
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Tulis pengalaman kerja yang kamu punya. Jika belum punya pengalaman kerja penuh waktu, bisa cantumkan pengalaman kerja magang atau kerja paruh waktu yang pernah dilakukan. Cantumkan riwayat kerja dan pengalaman yang relevan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

3. Informasi Pendidikan

Bukan berarti harus mencantumkan nama TK, SD, atau SMP. Kalau saat ini kamu baru lulus kuliah dan baru melamar pekerjaan pertamamu, informasi pendidikan  yang dicantumkan cukup nama SMA dan universitas. Bisa juga mencantumkan nilai IPK-mu. 

Pengalaman berorganisasi, pengalaman mengambil kursus tambahan yang relevan, dan portofolio karya bisa disertakan setelah tiga informasi di atas terpenuhi. Membuat CV yang baik kadang bisa cukup tricky. Namun, selalu CV yang kamu buat memuat cerminan diri dan kepribadianmu dengan baik, maka peluang untuk dilirik perekrut akan lebih besar. 

Bagi yang saat ini sedang berjuang mendapatkan pekerjaan, tetap semangat ya. Selalu ada pintu yang terbuka bagi yang selalu mau berusaha.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓