Cegah Perceraian Terjadi, Berikut 5 Tips Mempertahankan Pernikahan

Karla Farhana24 Jun 2020, 18:30 WIB
[Fimela] perceraian

Fimela.com, Jakarta Tidak ada pasangan yang ingin rumah tangganya berada di ambang perceraian. Meskipun begitu, pertengkaran hebat bisa saja terjadi di antara sepasang suami istri yang saling mencintai. 

Pernikahan yang dibangun dengan cinta terkadang memang menemukan jalan yang begitu terjal, dengan segala penghalang dan rintangannya. Meski sulit, namun mempertahankan sebuah pernikahan yang sudah kamu bangun bukanlah hal yang mustahil. 

Sean Kernan, seorang pria yang gagal mempertahankan pernikahannya membagikan kisahnya yang kelam saat dia dan sang mantan istri harus duduk di pengadilan untuk mengurus perceraian. Lewat situs PS I Love You, Sean membagikan beberapa tips untuk membantu para pasangan agar dapat mempertahankan rumah tangganya dan menghindari perceraian. 

1. Hindari Pertengkaran di Ruang Publik

Pasangan yang begitu saling mencintai pun kadang memiliki pertengkaran. Meski kamu mencintai pasanganmu, ada kalanya kamu merasa sebal dan ogah untuk berbicara dengannya. Namun, Sean mengatakan, jangan sampai kamu bertengkar di tempat umum, atau di depan teman dan anggota keluargamu. 

Jika memang argumen tidak bisa terelakkan saat kamu berada di jamuan makan malam bersama sahabat, cobalah untuk berbicara baik-baik dengan pasanganmu. Namun, alangkah lebih baik kalau kamu tidak bertengkar di tempat umum. 

2. Luangkan Waktu Bersama

[Fimela] bertengkar
pertengkaran | pexels.com/@vera-arsic-304265

Kamu dan pasanganmu adalah dua pribadi yang sangat berbeda. Dari pola pikir, cara memecahkan masalah, hingga hobi dan kegemaran. Namun, meski ada begitu banyak perbedaan, cobalah untuk membuka hatimu untuk pasangan. Habiskan waktu bersama dengan pasanganmu lebih banyak lagi. 

Bahkan jika aktivitas yang dia pilih tidak membuatmu begitu excited, paling tidak kamu mau mencoba dan ingin bersenang-senang dengan pasanganmu. 

3. Jangan Lupa untuk berkencan

Pernikahan tidak sama dengan kencan. Ada banyak pasangan yang terlampau nyaman dengan keberadaan satu-sama lain di rumah. Masing-masing justru tenggelam dalam kegiatan dan pekerjaan. Meski kamu sudah menjadi seorang istri dan ibu, jangan lupa untuk kembali berpacaran dengan sang suami. Karena cinta yang suci dan ikatan batin yang kuat pun harus tetap kamu pelihara hingga masa tua. 

4. Pisahkan Uang Masing-masing

[Fimela] perceraian
perceraian | pexels.com/@cottonbro

Sean mengatakan, pasangan suami istri kerap kali bertengkar karena uang. Untuk itu, jika kamu juga bekerja dan menghasilkan uang sendiri, cobalah untuk tidak mencampuri keuangan satu sama lain. Cobalah untuk memisahkan rekening bank dari sang suami. Namun, bedakan juga dengan biaya dan keuangan yang harus kamu gunakan untuk keperluan anak dan rumah tangga. 

5. Jangan Menikah Kalau Belum Siap

Melihat kekasihmu berlutut di depanmu sambil menyodorkan cincin memang menjadi impian sebagian perempuan. Namun, cobalah untuk berpikir kembali, apakah kamu sudah siap untuk berumah tangga. Baik dari segi mental dan, yang paling penting, finansial. 

Sean mengatakan, ada begitu banyak pasangan di dunia ini yang struggling saat mereka sudah menikah. Bahkan, mereka justru membuang-buang waktu yang berharga karena mereka menikah sebelum mereka siap, bahkan sebelum mereka kenal betul dengan pasangannya. 

Jadi, menurut Sean, menikahlah ketika kamu sudah siap. Terlepas dari betapa besarnya cintamu kepada sang kekasih. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓