Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengakhiri Hubungan Perselingkuhan, Agar Tak Terjebak dalam Hubungan Cinta yang Salah

Fimela.com, Jakarta Mencintai memang hak semua orang, sayangnya ada cinta terlarang yang sebaiknya kita hindari. Misalnya menjadi orang ketiga dalam sebuah pernikahan seseorang dan terlibat dalam perselingkuhan.

Tentu hubungan tersebut sebaiknya diakhiri agar tidak terjadi masalah dikemudian hari. Lalu bagaimana cara mengakhiri sebuah perselingkuhan dan hubungan cinta terlarang agar tidak semakin terjebak dalam hubungan tersebut? Berikut ulasannya dilansir dari Huffingtonpost.

BACA JUGA: Doa untuk menghilangkan cemas dan rasa takut berlebihan

1. Jangan dengarkan kata-katanya

Ketika pasangan sudah menikah, mengatakan bahwa mereka berniat untuk meninggalkan istri atau suami mereka, mungkin akan lebih mudah memercayainya.

Seseorang yang sedang menjalani hubungan cinta, kata Alicia H. Clark, seorang psikolog di Washington DC, memang akan lebih mudah membuat janji-janji palsu, tentu jauh lebih mudah untuk mengenali bahwa pasanganmu sepertinya belum melakukan upaya nyata untuk melakukannya.

"Perselingkuhan berasal dari asmara dan hasrat dari 'apa yang bisa terjadi' tapi itu umumnya tidak berkelanjutan. Sebaiknya hindari kenyataan yang bisa menyakiti, memiliki masa depan yang pantas didapatkan dengan seseorang yang bisa mencintai sepenuhnya. Menghadapi kenyataan dan kekecewaan yang bisa dimengerti adalah langkah pertama dalam membuat diri siap untuk cinta sejati," kata Clark.

2. Kenali bahwa dirinya berada di sisi berbeda dengan pasangan

Hubungan perselingkungan memang akan lebih 'memabukkan' karena mereka dibangun dalam pertemuan singkat dan sembunyi-sembunyi. Hubunganmu dan dia juga sepenuhnya bebas dari kebutuhan sehari-hari alias bukanlah hubungan primer, kata Kurt Smith, seorang terapis yang mengkhususkan diri dalam konseling untuk pria.

Itulah mengapa penting untuk bertanya pada diri sendiri, seperti apa pasangan selingkuh saya saat mereka pulang ke rumah dengan pasangan dan anak-anak mereka - dan bagaimana saya harus menerima mereka dalam hubungan ini?

3. Ingatkan bahwa dirimu pantas mendapat perhatian penuh dari seseorang

Dirimu mungkin menikmati waktu yang dihabiskan bersama pasanganmu yang sudah memiliki pernikahan, tapi akhirnya, akan sadar bahwa dirimu tidak memiliki perhatian penuh, kata Clark. Bahkan ada kemungkinan bahwa melakukan perselingkuhan secara rahasia benar-benar merugikan harga diri , membuat percaya bahwa dirimu tidak layak dicintai atau memiliki hubungan yang saling mempercayai.

4. Jangan gunakan istilah samar saat mengakhirinya

Kalian mungkin tergoda untuk menyembunyikan bahasa perpisahan dalam pernyataan yang samar-samar untuk mengurangi rasa sakit, seperti "mungkin suatu hari nanti ini hubungan ini akan berhasil" atau "Saya akan selalu memiliki perasaan untuk Anda".

Tapi tahukah bahwa ini tidak membantu kalian berdua, Kata Sheri Meyers, terapis pernikahan dan keluarga dan penulis Chatting or Cheating: How to Detect Infidelity, Rebuild Love and Affair-Proof Your Relationship.

"Ucapkan selamat tinggal dan katakan dirimu tidak mau melihat mereka lagi. Tidak ada pengecualian. Dirimu harus menutup pintu emosional yang terbuka dan memutus semua kontak dengannya," kata Meyers.

5. Kemudian, lawanlah usaha mereka untuk kembali berhubungan

Begitu mengakhirinya dengan pasti, jangan biarkan mantan memasuki kembali hidupmu, kata Caroline Madden, seorang terapis pernikahan dan penulis After A Good Man Cheats: How to Rebuild Trust & Intimacy With Your Wife.

Mereka mungkin masih menghubungi dan mencoba bertemu dengan secara langsung sehingga mereka bisa meyakinkan untuk tetap tinggal.

"Perangi dorongan untuk bertemu mereka lagi. Pikirkan saat dulu mencoba menghubungi mereka, tapi mereka terlalu sibuk dengan pasangan mereka yang sebenarnya. Kemudian, ingatlah bahwa pada akhirnya, bisa bebas dari hubungan yang tidak sehat," tutup dia.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading