Sukses

Lifestyle

Tips Memutus Rantai Generasi Sandwich

Fimela.com, Jakarta Hidup di Indonesia, anak memiliki tanggung jawab untuk menanggung keuangan orangtuanya. Suka atau tidak, hal ini seperti menjadi kewajiban. Bahkan saat si anak ini sudah berkeluarga, ia tidak lepas dari tanggung jawabnya untuk membiayai orangtua.

Rantai ini dikenal dengan sandwich generation yang dikenakan oleh Dorothy Miller dan Elaine Brody di tahun 1981, melalui jurnal dengan judul "The 'Sandwich' Generation: Adult Children of the Aging". Well, sebagai orangtua memutus rantai sandwich generation ini sangat penting.

Investment&Liabilities Department Head Bank Commonwealth Ivan Kusuma menjelaskan melakukan invesatasi adalah langkah penting orangtua untuk memutus sandwich generation. Investasi ini penting agar, kelak tidak membebani anak.

"Terapkan pengaturan keuangan dan tetapkan tujuannya," katanya dalam Financial Talk online yang dilakukan oleh Bank Commonwealth (22/06).

Investasi yang Cocok untuk Sandwich Generation

Lalu, bagaimana jika kita terlanjur terjebak menjadi 'sandwich generation'? Mengeluh bukanlah solusi. Sebagai sandwich generation sebaiknya pun tetap melakukan investasi. Lalu apa yang cocok?

CEO&Founder Jouska Indonesia Aakar Abyasa, menyarankan untuk sandwich generation memilih produk investasi yang liquid.

"Usahakan untuk memilih produk investasi yang liquid," jelasnya.

Obligasi Sebagai Pilihan untuk Investasi Sandwich Generation

Salah satu produk investasi yang disarankan untuk sandwich generation adalah obligasi. Obligasi ini memiliki risiko yang rendah dibandingkan saham. Selain itu, obligasi juga memiliki capital gain dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

Menariknya pemegang obligasi juga mendapatkan kupon secara berkala, yang besarnya lebih tinggi dibanding bunga deposito.

Nah, di bulan Juni ini Pemerintah menerbitkan Sukuk Negara Ritel dengan seri ORI017. Seri obligasi ini ditawarkan mulai 15 Juni hingga 9 Juli 2020. Kupon yang ditawarkan 6,4% dengan tenor 3 tahun. Kamu dapat melakukan pembelian ORI017 di midis yang ditunjuk, salah satunya Bank Commonwealth melalui aplikasi Commbank SmartWealth.

Menarik bukan? Yuk, investasi agar masa depan lebih terjamin.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading