Berdasarkan Tipe Kepribadian, Kita Bisa Menebak Seberapa Sehat Seseorang

Febi Anindya Kirana28 Jun 2020, 11:15 WIB
kepribadian

Fimela.com, Jakarta Secara prikologi, selama ini tipe kepribadian orang paling mudah dibedakan menjadi dua, yaitu introver dan ekstrover. Sejak dicetuskan pertama kali oleh Carl Jung tahun 1920, banyak orang memang mengakui bahwa orang bisa dibedakan dari dua tipe kepribadian ini.

Namun tak banyak yang tahu bahwa dari kepribadian kita bisa mengetahui seberapa sehat seseorang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Psychoneuroendocrinology menemukan bahwa gen tertentu di dalam tubuh seseorang ternyata menentukan seberapa sehat dirinya. Uniknya, keberadaan gen ini ada hubungannya dengan kepribadian orang tersebut.

Kepribadian menentukan kesehatan tubuh

kepribadian
ilustrasi perempuan/Photo by omid armin on Unsplash

Para peneliti yang melakukan eksperimen tahun 2014 di University of Nottingham ini mengumpulkan sampel darah dari 121 orang dewasa dengan etnis yang berbeda-beda. Partisipan juga menyelesaikan tes kepribadian Big Five untuk mengetahui apakah gen tertentu ada hubungannya dengan kepribadian.

Hasilnya, orang-orang yang memiliki kepribadian ekstrover cenderung memiliki gen antibodi pro-inflamasi berupa sel darah putih (leukosit) yang lebih banyak untuk melawan inflamasi di dalam tubuh sehingga memiliki imunitas tubuh yang kuat terhadap penyakit.

Peneliti menjelaskan kemungkinan besar ada hubungan antara tingkat kesehatan tubuh seseorang dengan seberapa sering ia mengalami interaksi sosial. Orang yang jarang berinteraksi sosial akan lebih rentan merasa kesepian dan menurunkan imun tubuh.

Jadi, berbahagialah jika Sahabat Fimela termasuk orang berkepribadian ekstrover, karena kamu ternyata punya tubuh lebih sehat.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓