Waspadai 4 Tipe Perselingkuhan yang Mampu Merusak Rumah Tangga

Karla Farhana04 Jul 2020, 11:00 WIB
[fimela] ilustrasi rumah tangga

Fimela.com, Jakarta Perselingkuhan merupakan salah satu hal terburuk yang terjadi di antara pasangan suami istri. Bukan hanya kerap kali menjadi penyebab terjadinya perceraian, perselingkuhan juga bisa bisa memberikan dampak buruk pada anak dan keharmonisan rumah tangga. 

Sayangnya, banyak korban perselingkuhan yang tidak menyadari tanda-tanda awal pada saat pasangannya mulai berpaling. Ada begitu banyak kasus perselingkuhan yang menorehkan luka dalam pada kedua belah pihak. Apalagi ketika salah satu atau keduanya berpikir kalau mereka telah menemukan belahan jiwa yang lain. 

Namun, tidak sedikit pasangan yang mengalami masalah perselingkuhan tidak menyadari bagaimana semuanya berawal, hingga akhirnya berakhir di meja persidangan untuk mengurus perceraian. Belief Net menulis, hal ini biasanya disebabkan karena kamu mungkin tidak memahami beberapa jenis perselingkuhan, yang tidak melulu harus melibatkan hubungan fisik. 

1. Perselingkuhan Emosional

Belief Net menulis, perselingkuhan bisa terjadi tanpa adanya perselingkuhan fisik. Sayangnya, banyak pasangan, terutama yang sudah menikah cukup lama, mengabaikan tanda-tanda perselingkuhan emosional. Biasanya, hal ini dimulai dari pertemanan biasa yang kemudian diperkeruh dengan saling berbagi informasi intim dan rahasia. 

 

2. Energetic Adultery

[Fimela] ilustrasi pasangan
ilustrasi pasangan | pexels.com/@pixabay

Jenis perselingkuhan ini sulit dilihat. Namun, jika berlangsung cukup lama, kamu biasanya akan melihatnya lewat perubahan dalam hubunganmu dengan pasangan. Seperti memvisualisasikan orang lain selain pasanganmu, berfantasi mengenai orang lain pada saat melakukan hubungan intim, hingga mengunjugi tempat-tempat tertentu di mana seseorang yang disukai akan berada di tempat tersebut. Meskipun tidak menjalin hubungan khusus dan komunikasi, hal ini tetap saja termasuk ke dalam salah satu bentuk perselingkuhan. 

3. Mental Adultery

Tentu saja perselingkuhan secara fisik akan melibatkan perselingkuhan mental. Jenis perselingkuhan ini kerap kali menjadi masalah terbesar yang mampu menghancurkan pernikahan. 

4. Visual Adultery

Selain itu, juga ada yang disebut dengan perselingkuhan yang hanya sebatas penggunaan indera penglihatanmu. Meski terdengar tidak begitu serius, hal ini kerap kali menjadi awal terjadinya perselingkuhan secara fisik.

ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓