Sukses

Lifestyle

Tak Bisa Lepas dari Handphone Ungkap Seberapa Stabil Emosimu, Menurut Studi

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti punya pnsel sebagai gawai wajib punya setiap harinya. Karena bagaimana pun, dengan teknologi yang semakin canggih dan berkembang pesat, membuat ponsel dibutuhkan untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

Tapi ponsel juga menyimpan efek berbahaya untuk kesehatan mental dan emosional, karena tanpa sadar orang menjadi kecanduan menghabiskan waktu menatap layar ponsel hingga mengabaikan interaksi sosial dan kehidupan normal di dunia nyata. Bahkan sebuah penelitian menemukan lama waktu orang berkutat dengan ponsel bisa menebak seberapa stabil mentalnya.

Kestabilan emosional berdasarkan kepribadian

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences tahun 2015 menunjukkan bahwa orang-orang yang tak bisa lepas dari ponselnya sebenarnya memiliki kestabilan emosional yang rendah. Umumnya, orang dengan kepribadian esktrover, haus akan perhatian dan pengakuan lebih rentan kecanduan menghabiskan waktu melihat ponsel.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa orang dengan kepribadian introver yang pemalu dan tidak terbiasa menunjukkan perasaan lebih jarang kecanduan ponsel karena merasa itu tak diperlukan. Mereka lebih nyaman melakukan hal-hal lain yang tak ada hubungannya dengan ponsel dan dunia maya.

Orang akan kesulitan membedakan mana kehidupan nyata dan maya dan bahkan rentan stres dan mengalami gangguan emosional karena terlalu sering berkutat denngan ponsel.

Pada akhirnya kehidupan sosialnya dalam kehidupan nyata jadi terganggu. Akan lebih baik jika kita mengurangi waktu menatap ponsel dan lebih peduli dengan sekitar, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading