Sukses

Lifestyle

Perempuan Wajib Tahu, 5 Tips Ampuh Menahan Amarah saat Haid yang Bisa Dicoba

Fimela.com, Jakarta Saat haid, perempuan akan lebih mudah marah dan cepat tersinggung akibat PMS. PMS atau sindrom premenstrual merupakan kondisi yang sering dialami perempuan saat haid, adapun yang akan dirasakan ialah mood swing atau perubahan mood yang drastis, kram pada perut, hingga stres. Tidak mengherankan jika perempuan saat haid menjadi sangat sensitif.

PMS bisa terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Saat menstruasi, jumlah estrogen dan progesteron (hormon seks wanita) akan mengalami peningkatan. Alhasil ketika haid, kamu juga pasti akan merasa tidak nyaman, mulai dari nyeri pada perut hingga mengalami kecemasan akibat stres.

Kerap kali situasi ini juga menyebabkanmu mudah tersulut emosi dengan hal-hal kecil yang sebenarnya bisa kamu hadapi dengan lebih tenang. Namun karena kamu sedang pms, emosimu jadi meledak-ledak dan amarahmu bisa menyambar ke sembarang orang. Pastinya kamu juga tidak ingin marah-marah, bukan? Karena hal tersebut hanya akan memperumit masalah.

Nah, buat kamu yang sedang haid, ada baiknya kamu menyimak ulasan kali ini yang dapat membuat emosimu lebih stabil. Fimela.com akan membagikan informasi 5 tips ampuh menahan amarah saat haid yang bisa dicoba. Cek informasi selengkapnya berikut ini.

Hindari Kerumunan dan Aktivitas Padat

Tips ampuh yang pertama untuk menahan amarah saat haid ialah menghindari kerumunan dan aktivitas padat. Berada di kerumunan saat haid hanya akan membuatmu mudah kesal lalu marah-marah. Hal ini terjadi karena berada di situasi yang ramai sebenarnya bisa membuatmu pusing dan sakit kepala. Jadi tidak heran kamu akan mudah marah.

Selanjutnya, hindari juga aktivitas padat saat kamu sedang haid, terutama pada awal-awal hari karena biasanya tubuhmu juga akan kaget dan beberapa orang bahkan sampai sakit. Untuk itu, longgarkan aktivitasmu saat haid, jangan mengerjakan hal yang berat-berat karena aktivitas padat dan membuatmu kelelahan. Jika sudah begitu, nantinya kamu akan mudah emosi terhadap hal-hal sepele.

Usahakan Untuk Tersenyum

Pada saat haid, untuk menahan amarah, cobalah gunakan jurus tersenyum sehingga emosimu tidak jadi meledak. Jangan sepelekan hal ini, tersenyum bisa memberikan dampak yang luar biasa pada suasana hatimu. Dengan tersenyum, kamu akan tersugesti untuk tidak meluapkan emosi secara berlebihan.

Memang sulit, tetapi tersenyum jauh lebih baik daripada kamu marah-marah kepada orang lain. Kamu juga akan terlihat bijaksana dan sabar ketika menghadapi hal buruk dengan senyuman. Jadi, mulai saat ini, atur emosimu dengan menunjukkan senyuman manis dan simpan amarahmu agar tidak menyakiti perasaan orang lain.

Duduk dan Menarik Napas Panjang

Berikutnya, tips ampuh agar kamu mampu menahan emosi saat haid ialah dengan duduk dan menarik napas panjang. Mengambil posisi yang lebih rendah akan membuatmu lebih rileks dan tenang. Jika perlu hembuskan napas panjang dengan teratur agar emosimu dapat kamu kendalikan.

Duduk dan mengambil napas panjang seringkali menjadi teknik untuk membuat seseorang menjadi lebih tenang dengan perumpamaan bahwa pada posisi berdiri, kamu bisa mudah marah bahkan melakukan suatu tindakan fisik. Sedangkan pada saat duduk, ruang gerakmu jadi terbatas termasuk emosi yang juga ikut menurun.

Mendengarkan Musik Instrumen

Keempat, tips ampuh menahan emosi saat sedang haid ialah mendengarkan musik-musik instrumen yang menenangkan. Cara ini cukup efektif karena secara tdiak langsung akan memberikan distraksi sehingga kamu terfokus dengan musik daripada hal yang membuatmu marah.

Saat kamu mengalami hal-hal yang tidak mengenakan hati dan membuatmu emosi, sebaiknya kamu menahan dan menarik diri. Sesudahnya, cari tempat yang nyaman untuk menyendiri sambil mendengarkan musik yang membuatmu tenang. Kamu akan merasa jauh lebih baik setelahnya.

Tidur

Terakhir, tips ampuh menahan amarah saat haid ialah mengambil waktu untuk tidur. Adakalanya kamu memang sedang lelah sehingga segala sesuatu dihadapanmu membuatmu tersinggung dan marah. Jika kondisinya sudah seperti itu, lebih baik kamu mengambil waktu untuk beristirahat dan tidur. Bisa jadi kamu sangat kelelahan sehingga sudah tidak bisa mengontrol diri.

Tidur akan membuat tubuhmu beristirahat, menghilangkan rasa kram pada perut yang mungkin kamu tahan selama beraktivitas, sehingga saat bangun kamu akan merasa jauh lebih baik. Oleskan juga minyak aroma terapi yang menenangkan agar tidurmu semakin nyenyak dan pastinya kamu akan terhindar juga dari stres yang berlebihan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading