Dubai Siap Menyambut Turis dan Pengunjung pada Juli 2020

Karla Farhana29 Jun 2020, 10:30 WIB
[Fimela] Dubai

Fimela.com, Jakarta Usai menutup akses masuk dan keluar akibat pandemi Corona, Dubai, UEA, kini siap untuk menyambut para pelancong manca negara dan pengunjung untuk kepentingan bisnis. Hal ini disampaikan Presiden Dubai Civil Aviation dan Ketua Emirates, Sheikh Ahmed Bin Saeed Al Maktoum lewat akun Twitter resminya. 

"Dubai buka. Kami siap untuk menyambut para pengunjung bisnis dan turis di kota dan negara kami (UEA) di bulan Juli," tulisnya. 

Bersama dengan tweet ini, dia juga mengunggah sebuah video berdurasi 1 menit yang menunjukkan berbagai aktivitas bisnis yang kembali dilanjutkan, termasuk pembukaan pusat perbelanjaan, hotel, dan olahraga air dan safari padang pasir. 

Pengumuman serupa juga disampaikan pemerintah setempat yang menyatakan para turis dan pengunjung bisnis sudah bisa mengunjungi Dubai mulai tanggal 7 Juli 2020. Namun, Gulf News menulis, hal ini tergantung pada jadwal penerbangan dari tujuan keberangkatan mereka.

Sebelumnya, Dubai telah mengumumkan protokol baru untuk masyarakat setempat dan juga turis yang akan masuk dan keluar lewat bandara Dubai. Bandara ini akan memfasilitasi perjalanan ribuan orang yang terkena dampak pembatasan lalu lintas udara penumpang di seluruh dunia, sejak awal munculnya pandemi virus Corona

Pedoman bagi Pengunjung Dubai

[Fimela] Dubai
Burj Khalifa | pexels.com/@pixabay

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin berkunjung ke Dubai. Selain harus tetap mengenakan masker dan menerapkan protokol kesehatan, kamu juga harus menyiapkan beberapa berkas. 

Visa dan Asuransi

Dilansir dari Gulf News, selain harus memiliki visa, kamu juga harus memiliki asuransi kesehatan. Sebelum menuju Dubai, para turis juga akan diminta untuk mengisi formulir terkait COVID-19 yang tersedia di aplikasi resmi bandara Dubai, DXB App. 

Hasil Tes PCR

Selain asuransi kesehatan, turis juga diwajibkan membawa sertifikat hasil tes PCR. Tes ini dilakukan hingga 4 hari, maksimal 96 jam, sebelum tanggal perjalanan. Jika kamu tidak membawa hasil tes ini, tes PCR akan dilakukan di bandara Dubai berikut proses penyaringan dan pemindaian termal biasa untuk memeriksa gejala awal COVID-19. 

Pernyataan Kesehatan

Kamu juga harus menandatangani formulir deklarasi kesehatan sebelum boarding. Maskapai penerbangan berhak untuk menolak orang yang memiliki gejala COVID-19. Kamu juga harus menandatangani sebuah formulir yang menyatakan kalau kamu bersedia untuk melakukan karantina dan menjalani pengobatan di Dubai, jika diperlukan. 

Meninggalkan Dubai

Para turis yang akan meninggalkan Dubai wajib mengunduh aplikasi COVID-19 CXB App dan mengisi formulir registrasi. Jika hasil tes menunjukkan positif Corona, turis juga harus bersedia untuk menjalani karantina selama 14 hari. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓