Lindungi Kartu Kredit dan Debit dari Kejahatan Skimming dengan Dompet Berteknologi RFID

Karla Farhana07 Jul 2020, 13:00 WIB
[Fimela] Kartu Kredit

Fimela.com, Jakarta Kejahatan yang melibatkan kartu kredit dan debit semakin marak. Sayangnya, merahasiakan pin, password, dan 3 angka di belakang kartu saja tidak cukup untuk melindungi kartu-kartumu dari berbagai kejahatan, termasuk skimming. 

Skimming merupakan sebuah modus operandi yang akan menyalin data yang ada dari kartu kredit dan debit. Untuk itu, penting sekali Sahabat Fimela menyimpan kartu-kartumu yang berharga di dompet yang memiliki teknologi khusus. Untuk itu, C-Secure, sebuah brand dompet alumunium dari Belanda merilis dompet berteknologi RFID protection. 

Sengaja didesain untuk menyimpan 6 kartu, teknologi pada dompet ini mampu mencegah upaya modus operandi skimming yang dilakukan para pelaku untuk mencuri data yang ada pada kartu kredit dan debit.

Direktur MORE by Morello, distributor resmi C-Secure di Indonesia, Hendra Niel berinisiatif untuk melakukan kolaborasi dengan ilustrator lokal untuk membuat desain C-Secure dengan sentuhan lokal bertemakan Environment Awareness. 

Tingkatkan Kesadaran akan Sampah

[Fimela] C-Section
C-Secure, brand asal Belanda meluncurkan dompet berteknologi RFID yang mampu melindungi kartu kredit dan debitmu dari kejatahan skimming. | dok. MORE by Morello

Sang ilustrator, Harizh Azka, mengatakan ide awal untuk mendesain C-Section muncul dari potongan-potongan sampah plastik yang dia lihat di tempat pembuangan sampah dekat rumahnya. Sampah yang bertumpuk tersebut menyajikan visual random yang menarik. 

“Ide awal kedua karya ini adalah dari potongan-potongan sampah plastik yang saya lihat di tempat pembuangan sampah dekat rumah. Penumpukan plastik yang ada ternyata menyajikan visual yang random dan menurut saya menarik. Saya susun sedemikian rupa dan saya jadikan dasar komposisi karyanya tersebut. Plastik merupakan material yang sulit terurai. Yang membuat plastik menjadi salah satu sumber utama dalam pencemaran lingkungan di dunia tetapi terkadang sampah ini bisa jadi sesuatu yang baru dan menjadi pemicu untuk menjalankan pola hidup berkelanjutan," ungkapnya. 

Apa yang dilakukan Harizh bukan hanya sekadar seni, tetapi juga movement untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan sampah. Ini justru menjadi tema besar dari kolaborasinya bersama C-Section. Kolaborasi ini sebenarnya bukan yang pertama dilakukan Harizh dengan MORE by Morello. 

Sebelumnya, pihak distributor juga melakukan kampanye untuk mengurangi penggunaan botol plastik dengan 24Bottles dan melakukan penanaman pohon dan konservasi lingkungan bersama dengan komunitas Lindungi Hutan. Kini, C-Secure Alumunium Cardholder yang tersedia dalam 3 varian warna; gold, silver, dan grey, telah hadir di Tokopedia sejak Kamis, 4 Juni 2020 lalu. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓