Aktivitas Jalan Kaki Sangat Efektif untuk Jernihkan Pikiran

Endah Wijayanti26 Jun 2020, 14:45 WIB
banyak jalan untuk kurangi stres

Fimela.com, Jakarta Saat sedang stres atau banyak pikiran, kadang kita sulit untuk fokus. Daya konsentrasi menurun dan semangat untuk beraktivitas pun ikut berkurang. Bila sudah begini, maka kita perlu melakukan sesuatu unutk menjernihkan pikiran.

Salah satu cara efektif untuk menjernihkan pikiran ternyata bisa dari aktivitas yang sangat sederhana, yaitu jalan kaki. Mengutip inc.com, Ferris Jabr dalam sebuah artikelnya di The New Yorker memaparkan ada kaitan antara pikiran yang aktif dan tubuh yang aktif. Berjalan kaki tak hanya meningkatkan aliran darah dari jantung ke otak tapi juga bisa menciptakan perubahan positif di dalam otak.

"Berjalan rutin juga bisa menciptakan koneksi-koneksi baru antar sel-sel otak, mencegah melemahnya jaringan otak yang terjadi karena pertambahan usia, meningkatkan volume hipokampus (area otak yang penting untuk daya ingat), dan meningkatkan kadar molekul yang merangsang pertumbuhan neuron-neuron baru serta menyebarkan pesan-pesan di antaranya," papar Jabr.

Perbanyak Jalan Kaki

jalan kaki
ilustrasi jalan kaki/Photo by milatas on Shutterstock

Aktivitas jalan kaki memberi dampak yang positif untuk pikiran kita. Pikiran kita bisa lebih jernih saat kita berjalan kaki. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa aktivitas jalan kaki bisa bantu meningkatkan daya kreativitas.

Saat berjalan kaki, kita bisa menyesuaikan kecepatan sesuai keinginan dan kemampuan kita. Bisa lebih fokus dan peka dengan hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Ada kebebasan dan kenyamanan tersendiri yang kita dapat saat berjalan kaki. Sehingga pikiran yang tadinya rumit bisa terasa lebih jernih setelah kita berjalan kaki.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓