Sukses

Lifestyle

Tips Piknik Ramah Lingkungan Bersama Keluarga

Fimela.com, Jakarta Piknik adalah cara menyenangkan untuk menikmati waktu bersama keluarga atau teman di luar ruangan. Piknik juga dapat memperkuat ikatan keluarga. Seperti kita mendapatkan estetika dari lingkungan, hal ini juga penting bagi kita untuk mencoba memberikan kembali ke lingkungan keindahan dan ketenangan. Itulah mengapa sangat penting ketika merencakan piknik, yang ramah lingkungan. Berikut adalah cara tepat untuk piknik ramah lingkungan.

Lokasi Piknik

Alih-alih mengambil banyak waktu dan energi untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya hanya untuk piknik. Piknik di halaman belakang yang sederhana juga bisa dilakukan dengan keluarga dan teman. Ini dapat menghemat uang, bahan bakar atau biaya perjalanan jika berencana untuk bepergian ke luar wilayah. Jika ingin melakukan piknik di luar wilayah ada baiknya pilih transportasi umum. Ini dapat membantu mengurangi polusi udara.

Membawa Bekal Sendiri

Pastikan untuk membawa bekal dari rumah dan gunakan wadah yang dapat digunakan kembali. Hindari membawa atau membeli makanan dengan wadah sekali pakai. Hal itu dapat menghasilkan limbah dalam jumlah besar, kemasan yang terbuat dari plastik juga dapat berbahaya bagi lingkungan.

Bawa Keperluan yang Dibutuhkan

Karena piknik di luar ruangan dan kadang-kadang berada di taman, jauh dari fasilitas seperti toko. Ini mungkin akan membuatmu mengemas lebih banyak barang. Cara terbaik untuk memastikan bahwa dirimu hanya membawa apa yang diperlukan adalah mulai merencanakan piknik lebih awal. Misalnya seperti memutuskan kegiatan apa yang akan berlangsung selama piknik untuk mengetahui persis apa yang harus dikemas untuk perjalanan.

Hindari Barang Sekali Pakai

Hindari produk yang hanya memiliki fungsionalitas sekali pakai dalam masa simpannya seperti botol plastik. Hindari gelas kerta dan piring serta sendok dan garpu plastik yang hanya bisa digunakan sekali saja. Hal ini dapat menghasilkan limbah dan sampah yang berbahaya bagi lingkungan jika tidak dibuang pada tempatnya.

Bersihkan Area Piknik

Bersihkan area piknik, buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan. Jika tidak ada tempat sampah, ada baiknya untuk membawa sampah tersebut hingga menemukan tempat sampah. Sejumlah sampah yang tertinggal saat piknik dapat mengganggu ekosistem.

Untuk menikmati keindahan alam dan lingkungan, seharusnya ada timbal balik antara manusia dan alam. Ketika kita menikmati keindahan yang diberikan alam, ada saat di mana kita juga memberikan yang terbaik untuk alam yaitu dengan menjaga dan melestarikan lingkungan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading