Belajar Peka, Inilah 5 Hal yang Menandakan Bahwa Hatimu Sedang Lelah

Imelda Rahma27 Jun 2020, 10:35 WIB
Lelah

Fimela.com, Jakarta Tidak hanya fisik, bahkan hati pun bisa merasakan lelah jika kamu terlalu keras pada dirimu sendiri. Jika disuatu momen kamu merasa lelah, coba pikirkan lagi, apakah kamu lelah fisik atau justru hatimu yang sedang memberi sinyal bahwa sebenarnya kamu sedang tidak baik-baik saja.

Apabila kamu pernah merasakan kondisimu tubuhmu dalam keadaan prima namun kamu begitu sulit untuk tersenyum dan bahagia, maka hal tersebut perlu kamu perhatikan, jangan diabaikan. Ada banyak hal yang bisa membuat hati seseorang lelah, bisa karena pekerjaan, hubungan percintaan, bahkan pikiranmu sendiri.

Sama dengan fisik, lelahnya hati juga berbahaya jika kamu mengabaikannya, kondisi mentalmu bisa diserang apabila kamu tidak segera mengatasinya atau mencari tahu penyebabnya. Kondisi mental tersebut bisa membuatmu merasakan kecemasan, gelisah, hingga sesak napas. Jika kamu tidak ingin hal itu terjadi, belajarlah untuk peka terhadap dirimu sendiri.

Buat kamu yang sedang bingung mengartikan atau membedakan mana yang dinamakan lelah hati dan lelah fisik, bisa melihat tanda-tandanya pada ulasan berikut ini. Fimela.com akan membagikan informasi 5 hal yang menandakanmu bahwa hatimu sedang lelah. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

 

Lebih Mudah Tersinggung Terhadap Hal Sepele

Lebih Mudah Tersinggung Terhadap Hal Sepele
Ilustrasi Marah Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Tanda pertama yang menunjukkan bahwa hatimu sedang lelah ialah kamu menjadi lebih mudah tersinggung dengan hal-hal sepele. Saat kondisi hati sedang lelah, kamu akan berubah menjadi pribadi yang sangat sensitif sehingga hal kecil saja bisa membuatmu marah.

Maka dari itu, jika kamu akhir-akhir ini menjadi mudah tersinggung, sebaiknya kamu mengambil waktu untuk menarik diri sementara karena emosi yang tidak terkendali tidak hanya akan merugikanmu tetapi juga merugikan orang lain. Belajar untuk peka, rehat sejenak tenangkan hati, setelah itu barulah kembali pada rutinitasmu seperti sebelumnya.

Mengalami Gangguan Tidur

Mengalami Gangguan Tidur
Ilustrasi Susah Tidur Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Kedua, hal yang menandakan bahwa hatimu sedang lelah ialah gangguan tidur yang membuatmu bisa mengalami insomnia. Jelas saja, hatimu bisa lelah akibat sesuatu yang terus kamu pikirkan hingga tanpa kamu sadari, kamu cemas dan gelisah sampai jam tidurmu pun terganggu.

Mata pasti akan sulit terpejam jika otakmu tidak mau berhenti untuk mengkhawatirkan sesuatu. Jadi, apabila akhir-akhir ini kamu sering mengalami gangguan tidur, bisa jadi hatimu sedang lelah karena terlalu overthinking terhadap sesuatu yang kamu takutkan. Jika sudah begitu, tidak ada cara lain selain menemukan apa yang membuat hatimu lelah dan pikiranmu terganggu.

Merasa Sedih Hingga Menangis Secara Mendadak

Merasa Sedih Hingga Menangis Secara Mendadak
Ilustrasi Menangis dan Sedih Credit: pexels.com/Polina

Selanjutnya, hal lain yang menandakan bahwa hatimu sedang lelah ialah kamu mudah sedih bahkan menangis tiba-tiba. Bisa saja kamu langsung mudah tersentuh oleh hal-hal sederhana kemudian menangis karena tidak kuat menahan emosi. Hal ini tentu sangat berhubungan. Saat hatimu sedang lelah tetapi kamu tidak menyadarinya, pemicu kecil yang ada dihadapanmu dengan cepat memancing emosimu hingga meledak-ledak.

Jauh didalam dirimu terdapat kesedihan yang teramat dalam namun kamu menyangkalnya dan berpikir bahwa kamu baik-baik saja disaat hatimu sedang lelah. Jadi tidak heran ketika kamu sedih dan menangis secara mendadak, itu pasti karena hatimu sedang lelah sehingga kamu begitu sensitif dan emosimu tidak terkendali.

Cepat Lelah dan Bosan Pada Rutinitas

Cepat Lelah dan Bosan Pada Rutinitas
Ilustrasi Bosan Pada Pekerjaan Credit: pexels.com/energepic

Berikutnya, hal lain yang menandakan bahwa hatimu sedang lelah ialah rasa bosan dan cepat lelah terhadap pekerjaan dan rutinitasmu sendiri. Pekerjaan dan rutinitas yang biasanya kamu lakukan setiap hari justru bisa menjadi penyebab kamu merasa bosa, stres, dan tertekan. Saat hatimu sedang lelah, apapun yang kamu kerjakan, semuanya nampak tidak berarti, itulah mengapa kamu cepat merasa bosan dan lelah.

Hal ini apabila tidak diatasi, produktivitasmu akan terganggu dan pekerjaanmu bisa berantakan. Jika kamu mengalami hal ini, maka kamu harus cepat ambil tindakan tegas ada dirimu sendiri. Tanyakan pada dirimu apa yang membuat hatimu lelah, selesaikanlah, dan kembali bahagia setelahnya karena kamu tidak boleh terpuruk dalam kesedihandan kelelahan hati.

Selalu Merasa Terpaksa

Selalu Merasa Terpaksa
Ilustrasi Ekspresi Sedih Credit: pexels.com/ArtHouse

Terakhir, hal yang menandakan bahwa hatimu sedang lelah ialah rasa keterpaksaan yang terus menyelimuti tatkala kamu harus melakukan suatu pekerjaan yang kamu benci. Jangankan hal yang kamu benci, hal yang kamu suka saja bisa membuatmu merasa terpaksa melakukannya. Saat hatimu lelah, segalanya nampak menjadi beban.

Kamu akan merasa berada disekeliling orang yang memaksamu melakukan hal yang tidak ingin kamu lakukan. Padahal sebenarnya itu hanya sugesti dari hatimu yang sedang lelah. Maka tidak heran selama hatimu lelah, hanya aka nada energi negatif yang menguasai. Jika kamu ingin melepaskannya, maka hal yang pertama kali harus kamu lepas adalah masalahmu sendiri yang terus kamu pendam hingga hatimu lelah.

Lanjutkan Membaca ↓