5 Cara untuk Mengajukan Pengunduran Diri dari Perusahaan Secara Profesional

Gayuh Tri Pinjungwati27 Jun 2020, 16:15 WIB
kerja

Fimela.com, Jakarta Pasti setiap orang pernah berpikir untuk resign atau mengundurukan diri dari perusahaan dengan berbagai alasan. Pikirkan semua dengan matang, jangan biarkan dirimu menyesal di kemudian hari. Berhenti dari pekerjaan dengan cara yang tidak profesional dapat membuat dirimu kesulitan untuk mencari pekerjaan berikutnya. Ketika dirimu diterima di perusahaan tersebut dengan cara yang baik, dirimu juga dapat mengajukan pengunduran diri dengan cara yang baik pula. Berikut ini adalah cara untuk mengundurukan diri dari perusahaan secara profesional.

Memberi Tahu Atasan

Luangkan waktu untuk menjadwalkan pertemuan dengan atasanmu untuk memberi tahunya mengapa dan kapan dirimu hendak mengundurkan diri. Dirimu mungkin perlu untuk menegosiasikan beberapa keperluan yang dibutuhkan perusahaan mulai dari surat dan penyelesaian pekerjaan. Ini juga membantu memastikan rekomendasi yang baik untuk pekerjaan yang akan datang.

Bersikap Sopan

Jangan menghina orang, jangan mengeluh tentang pekerjaanmu dan jangan membual tentang betapa hebatnya pekerjaan barumu. Teruslah bersikap ramah dan sopan. Jangan biarkan kepergianmu berubah menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan bagi rekan kerjamu.

Tetap Bekerja Sebelum Keluar dari Kantor

Jauhkan Ponsel Selama WFH
Ilustrasi WFH Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Mungkin dirimu merasa pekerjaanmu telah selesai, tetapi dirimu bertanggung jawab atas pekerjaan itu sampai dirimu benar-benar keluar dari kantor. Teruslah bekerja keras, patuhi aturan kantor dan jadilah karyawan hebat yang sama seperti sebelumnya. Dirimu akan merasa lebih baik dan meninggalkan kesan baik di perusahaan tersebut.

Tunjukkan Rasa Terima Kasih

Tunjukkan rasa terima kasih kepada seseorang yang membuat kehidupan kerjamu sedikit lebih mudah diatur, menarik dan menyenangkan. Pastikan untuk memberi tahu orang-orang tersebut betapa berbaharganya mereka dalam hidupmu.

Buat Surat Pengunduruan Diri

Dirimu harus bertemu dengan HRD secara langsung untuk membahas pengunduran dirimu. Setelah bertemu, kirim surat pengunduran diri resmi saat hendak resign. Pastikan dirimu memiliki salinan surat tersebut untuk diri sendiri.

Tetap berikan kesan yang baik saat dirimu pengundurukan diri dari perusahaan. Tunjukkan bahwa dirimu profesional. Ini juga dapat memengaruhi reputasimu di tempat kerja yang baru

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓