Jajanan Kaki Lima yang Cocok Dinikmati Saat Diet

Kezia Prasetya Christvidya27 Jun 2020, 11:45 WIB
makanan-kezo

Fimela.com, Jakarta Jajanan kaki lima memiliki harga yang murah, rasanya yang enak, dan memiliki aneka ragam bentuk yang membuat mata dan lidah tergoda untuk mencicipinya.

Banyak jajanan kaki lima yang bisa membuat diet gagal, karena kandungan gula yang tinggi, dan bisa membuat lemak perut menambah.

Ternyata tidak semua jajanan kaki lima bisa merusak dietmu. Berikut rekomendasi jajanan kaki lima yang bisa dinikmati saat diet, dilansir dari berbagai sumber:

Gado Gado

ilustrasi jajanan kaki lima yang bisa dinikmati saat diet/resepkoki
ilustrasi jajanan kaki lima yang bisa dinikmati saat diet/resepkoki

Gado-gado merupakan makanan khas Indonesia, yang biasanya dijual dimana saja, dan cocok untuk dinikmati orang yang sedang diet. Gado-gado terbuat dari irisan telur rebus, timun, tahu goreng dan sayur-sayuran yang bergizi.

Gado-gado menggunakan bumbu kacang sebagai saosnya. Gado-gado juga disajikan dengan kerupuk, nasi atau lontong yang tinggi karbohidrat.

Bagi yang sedang diet, lebih baik mengonsumsi gado-gado tanpa menggunakan kerupuk, nasi atau lontong dan bumbu kacang.

 

Rujak Buah

ilustrasi jajanan kaki lima untuk diet/cookpad
ilustrasi jajanan kaki lima untuk diet/cookpad

Jajanan kaki lima yang bisa dinikmati orang yang sedang diet, yaitu rujak buah. Karena orang yang sedang diet harus mengonsumsi buah-buahan.

Rujak buah hampir sama dengan salad buah. Namun rujak buah mudah sekali ditemukan di jajanan kaki lima, dan dijual dengan harga yang sangat murah. 

Rujak buah terbuat dari buah bengkoang, nanas, mangga atau kedondong serta buah-buahan lainnya.

Buah-buah yang terdapat di dalam rujak buah, memiliki kandungan vitamin dan serat, yang baik untuk kesehatan tubuh dan menurunkan berat badan.

Sop Buah

ilustrasi jajanan kaki lima untuk diet/resepkoki
ilustrasi jajanan kaki lima untuk diet/resepkoki

Sop buah adalah jajanan kaki lima, yang enak dinikmati pada saat siang hari, dan cocok untuk orang yang sedang menjalani diet.

Sop buah terdiri dari buah-buahan yang memiliki kandungan tinggi vitamin dan serat seperti buah naga, apel, anggur dan lain sebagainya.

Namun sop buah memiliki kandungan gula yang tinggi. Untuk menikmati sop buah, lebih baik meminta penjual untuk mengurangi porsi gulanya.

 

Jagung Rebus

ilustrasi jajanan kaki lima yang baik untuk diet/unsplash
ilustrasi jajanan kaki lima yang baik untuk diet/unsplash

Jajanan kaki lima selanjutnya yang bisa dinikmati pada saat diet, yaitu jagung rebus, yang bisa dibeli dengan harga murah.

Jagung memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti karbohidrat dan serat, yang bisa membantu perut kenyang lebih lama.

Namun biasanya jagung rebus yang dijual, disajikan dengan menggunakan susu dan keju. Lebih baik saat diet jangan mengonsumsi jagung rebus dengan susu atau keju.

Siomai

ilustrasi jajanan kaki lima untuk diet/unsplash
ilustrasi jajanan kaki lima untuk diet/unsplash

Rekomendasi jajanan kaki lima terakhir, yang bisa dinikmati orang yang sedang diet, yaitu siomai yang biasanya dijual dengan harga murah meriah.

Siomai terbuat dari tepung, namun karena proses masaknya menggunakan kukus dengan waktu yang lama, sehingga kalori yang terkandung di dalam siomai menjadi rendah.

Walaupun siomai aman dikonsumsi orang yang sedang diet, namun saat mengonsumsi siomai, usahakan jangan menggunakan bumbu kacang terlalu banyak karena kandungan kalorinya sangat tinggi.

 

Lanjutkan Membaca ↓