4 Tips Mudah untuk Membantu Membuat Keputusan dengan Cepat di Tempat Kerja

Gayuh Tri Pinjungwati27 Jun 2020, 18:15 WIB
Mengatur Keuangan Setelah Pandemi, Saatnya Mulai Serius Memikirkan Investasi

Fimela.com, Jakarta Banyak dari kita mungkin bekerja sebagai anggota tim atau mungkin menjalankan bisnis sendiri, kepetusan berdasarkan pekerjaan membawa banyak tanggung jawab. Mengambil keputusan yang tepat akan membuatmu merasa bimbang dan itu juga bisa menjadikanmu plin plan dalam membuat keputusan. Berikut ini adalah cara untuk mengambil keputusan lebih cepat di tempat kerja.

Ingat Waktu Lebih Berharga

Gunakan waktu sebaik mungkin, jangan menghabiskan waktu lebih dari 5 menit untuk melakukan hal-hal yang tidak penting atau memikirkan sesuatu yang mungkin membuatmu khawatir. Mungkin ini terdengar agak keras untuk tidak memberikan sesuatu lebih dari 5 menit. Jika sesuatu tidak akan berpengaruh dalam perubahan jangka panjang, maka tidak ada gunanya untuk menghabiskan waktu yang tidak penting selama lebih dari 5 menit. Cobalah untuk fokus pada hal-hal yang memengaruhi kehidupan jangka panjang perusahaanmu.

Buatlah Opsi

Keputusan apa pun yang dirimu buat, jika dapat menunjukkan bahwa dirimu mempertimbangkan semua opsi dengan hati-hati, itu akan sangat membantumu untuk mengambil keputuasan yang terbaik. Setidaknya dirimu dapat menujukkan upaya untuk melakukan yang terbaik. Dengan hal ini dirimu tidak menunda keputusan karena takut.

Tentukan Tengak Waktu untuk Dirimu Sendiri

Penyesalan Setelah Putus Cinta Itu Kadang Hanya Kepura-puraan
Berikan waktu agar dirimu bisa berpikir, kesedihan setelah putus cinta itu benar penyesalan atau kepura-puraan? (Foto: unsplash.com)

Berbicara tentang penundaan berdasarkan rasa takut, kadang-kadang tujuan yang terkait waktu adalah solusi terbaik. jika keputusan yang dirimu bua harus membawa banyak tanggung jawab, maka wajar jika dirimu membutuhkan waktu untuk memikirkannya. Tetapkan waktu sampai kapan dirimu membuat keputusan tersebut. Dan hingga pada waktu yang telah ditentukan dirimu harus memiliki jawaban yang pasti terkait keputusan itu.

Batasai Meminta Saran yang Berlebihan

Demi membuat keputusan yang lebih cepat jangan tanya semua orang di kantor tentang apa yang menurut mereka harus lakukan jika mereka ada di posisimu. Ketika dirimu mendapatkan terlalu banyak jawaban yang bertetangan dan tidak semua orang memenuhi syarat untuk membantumu, itu hanya akan membuatmu memilih keputusan yang kurang matang. Cobalah untuk menemui beberapa senior yang dapat dipercaya.

Seringkali tidak ada pilihan benar atau salah, sehingga firimu melakukan yang terbaik dengan informasi yang dirimu miliki. Jadi jangan menunda-nunda atau mencoba menghindari situasi. Percayalah pada diri sendiri dan lakukan apa yang terasa benar.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓