Selain Memperbaiki Suasana Hati, Bubuk Kakao Juga Memberikan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Gayuh Tri Pinjungwati27 Jun 2020, 13:45 WIB
Ilustrasi Bubuk Kakao

Fimela.com, Jakarta Bubuk kakao dibuat dengan menghaluskan biji kakao dan mengurangi kandungan lemak atau mentega yang ada dalam kakao. Kakao sering kita jumpai dalam produk cokelat. Selain dapat membuat suasana hati lebih baik, kakao ternyata juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan seperti berikut ini. 

Mengandung Polifenol yang Baik untuk Kesehatan

Polifenol adalah antioksidan alami yang ditemukan dalam makanan seperti buah-buahan, sayuran, teh, cokelat dan anggur. Polifenol telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan, aliran darah yang lebih baik, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah.

Kakao adalah salah satu sumber polifenol yang mengandung antioksidan kuat dan efek anti-inflamasi. Namun, proses pengolahan dan pemanasan kakao dapat menyebabkan kehilangan beberapa kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan lainnya.

Mengurangi Tekanan Darah

Kakao, baik dalam bentuk bubuk maupun dalam bentuk cokelat hitam, mungkin dapat membantu menurunkan tekanan darah. Flavonoid dalam kakao dianggap dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah yang dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Namun, penting untuk diingat bahwa proses pemasakan yang berlebihan pada kakao secara signifikan mengurangi jumlah flavonoid.

Meningkatkan Aliran Darah ke Otak

Ini Alasan Baru Bagi Anda untuk Terus Makan Dark Chocolate
Masih takut makan cokelat? Simak di sini alasan mengejutkan yang akan membuat Anda tidak ragu makan cokelat setiap hari.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa polifenol, seperti yang ada dalam kakao, dapat mengurangi risiko penyakit neurodegenerative dengan meningkatkan fungsi otak dan aliran darah. Selain itu, flavonoid memengaruhi produksi oksida nitrat, yang dapat melemaskan otot-otot pembuluh darah, meningkatkan aliran darah dan suplai darah ke otak.

Meningkatkan Mood

Selain dampak positif kakao pada degenerasi mental yang berkaitan dengan usia, efeknya pada otak juga dapat meningkatkan suasana hati dan gejala depresi. Cokelat dapat berperan sebagai peningkatan suasana hati seseorang.

Kakao memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, tentunya dengan konsumsi yang tidak berlebihan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓