5 Cara Mudah Mendapatkan Inspirasi untuk Kamu yang Sering Kehabisan Ide

Imelda Rahma29 Jun 2020, 17:35 WIB
Inspirasi

Fimela.com, Jakarta Ide yang cemerlang seringkali lahir dari sebuah inspirasi. Sayangnya, beberapa orang terkadang mengalami kesulitan dalam mencari inspirasi untuk menemukan sebuah ide. Biarpun nampak sepele, kesulitan dalam mencari inspirasi itu hal yang mungkin terjadi dan bisa menghambat produktivitas kerja seseorang.

Bagi sebagian orang mencari inspirasi merupakan usaha khusus yang biasanya memiliki tips dan trik tertentu. Ada yang hanya bisa mendapatkan inspirasi apabila dalam kondisi hening dan tenang, sementara yang lainnya mendapatkan banyak sekali ide ditengah keramaian. Apapun itu, semuanya merupakan usaha untuk mencari inspirasi yang mencerahkan.

Dalam dunia kerja yang beurusan dengan hal-hal kreatif serta menuntut pekerjanya untuk terus berpikir inovatif, inspirasi adalah jantungnya. Maka dari itu tidak heran jika kita melihat ada orang-orang yang rela menghabiskan banyak dana atau pergi ke tempat yang sangat jauh hanya untuk mendapatkan inspirasi.

Nah, buat kamu yang sedang mengalami momen gagal mendapatkan inspirasi, tidak perlu lagi khawatir karena ulasan kali ini bisa membantumu. Fimela.com akan membagikan infomasi 5 cara mudah mendapatkan inspirasi untuk kamu yang sering kehabisan ide. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

 

Menjalajahi Internet

Menjalajahi Internet
Ilustrasi Menjelajah Internet Credit: pexels.com/bongkarn

Cara mudah mendapatkan inspirasi yang pertama ialah dengan menjelajah internet. Tentu cara ini akan paling banyak dipilih oleh setiap orang karena melalui internet, kamu bisa membuka apa saja dan mendapatkan beragam informasi yang membuatmu mendapatkan sebuah inspirasi.

Konten di internet juga beragam, mulai dari gambar, tulisan, video, hingga aplikasi. Hal ini akan lebih memudahkanmu untuk menemukan ide-ide segar karena internet berjalan secara dinamis sehingga kamu tahu perihal apa yang tengah viral dan itu bisa menjadi kunci untuk menemukan sebuah inspirasi yang bisa melahirkan karya-karya besar.

Berdiskusi dengan Banyak Orang

Berdiskusi dengan Banyak Orang
Ilustrasi Berdiskusi Credit: pexels.com/mentatdgt

Kedua, cara mudah untuk mendapatkan inspirasi yakni dengan bertemu dan berdiskusi bersama banyak orang. Saling berbagi dan bertukar pikiran tentunya akan membuka banyak wawasan dan juga ide-ide unik yang sebelumnya belum pernah terpikirkan olehmu.

Maka dari itu, kamu bisa mencari orang-orang yang kamu anggap bisa memberikanmu sebuah pencerahan dan inspirasi. Atur pertemuan dan buatlah diskusi yang alur obrolannya dapat memecahkan masalahmu untuk mendapatkan sebuah inspirasi. Selama obrolan berlangsung, tanyakan juga ide-ide yang sebelumnya pernah kamu buat sebagai testimoni dan pandangan yang akan menyempurnakan.

Berendam atau Mandi dengan Shower

Berendam atau Mandi dengan Shower
Ilustrasi Berendam Credit: pexels.com/Jonathan

Berikutnya, cara mudah mendapatkan inspirasi ialah dengan berendam atau mandi dengan menggunakan shower. Memang terlihat aneh tetapi bagi sebagian orang cara ini cukup efektif. Sebuah inspirasi atau ide bisa kamu dapatkan sebenarnya dengan mudah jika kondisi otak dan tubuh dalam keadaan rileks.

Inilah sebabnya mengapa kamu bisa mendapatkan inspirasi dan juga ide hanya dengan berendam dan mandi dengan shower. Saat tubuhmu menyatu dengan air atau kepalamu terkena rintikan air, kamu akan rileks dan tentunya ide-ide brilian bisa muncul begitu saja dengan mudah selama proses kamu mandi dan berendam.

Pergi ke Tempat Wisata

Pergi ke Tempat Wisata
Ilustrasi Pergi ke Pantai Credit: pexels.com/Adrianna

Keempat, cara mudah untuk mendapatkan inspirasi berikutnya ialah dengan pergi ke tempat wisata jika hal itu memang diperlukan. Tidak hanya tempat wisata, kamu bisa pergi ke tempat yang nuansanya masih alami agar pikiranmu menjadi lebih rileks dan juga terbuka.

Padatnya aktivitas membuatmu mudah penat, alhasil kamu pun sulit mendapatkan sebuah inspirasi karena yang kamu lihat hanya tumpukan pekerjaa, kemacetan, dan rutinitas yang monoton. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu pergi berwisata selama beberapa hari untuk mencari sebuah inspirasi, barangkali alam bisa memberikan sentuhan yang berbeda terhadap ide yang akan kamu temukan.

Menonton Film dan Mendengarkan Musik

Menonton Film dan Mendengarkan Musik
Ilustrasi Menonton Film Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Terakhir, cara mudah untuk mendapatkan inspirasi adalah dengan menonton film dan juga mendengarkan music. Percaya atau tidak, kedua aktivitas ini bisa memberikanmu sebuah inspirasi yang luar biasa. Hal ini karena saat menonton film dan mendengarkan musik, emosimu bisa ikut hanyut didalamnya dan saat itu kamu bisa meresapi sebuah karya dan mendapati hal unik didalamnya.

Cara ini mungkin lebih dikenal dengan interpretasi yakni sebuah kesan yang kamu dapatkan dari sebuah karya. Melalui proses interpretasi ini, kamu justru bisa membuka hal yang belum ada dan itu bisa menjadi masterpiece untuk melambungkan karirmu jika tujuanmu dalam mencari inspirasi berhubungan dengan pekerjaan atau karir.

Lanjutkan Membaca ↓