Kenali Jenis Mi khas Asia yang Menggiurkan Lidah

Kezia Prasetya Christvidya30 Jun 2020, 09:35 WIB
mie-kezo

Fimela.com, Jakarta Mi adalah makanan yang memiliki rasa yang menggiurkan lidah, bisa membuat perut kenyang, dan merupakan makanan populer di negara Asia. Mi sangat terkenal di negara China, Korea, Jepang hinga Indonesia.

Mi merupakan makanan yang praktis dibuat, mengandung karbohidrat yang kurang lebih setara dengan nasi, dan bisa dinikmati kapanpun perut lapar. Yuk kenali jenis mi khas Asia, yang bisa membuat lidar tergiur, dilansir dari berbagai sumber:

Mi Telur

Jenis mi khas Asia yang pertama yaitu, mi telur dari China, yang biasanya disebut dengan E-fu noodles atau Chinese egg noodles. Jenis mi telur yang satu ini, memiliki bentuk dan tekstur bermacam-macam seperti tebal atau tipis, flat atau bulat, segar dan kering.

Mi ini terbuat dari telur dan gandum. Mi dimasak dengan cara direbus, lalu di sajikan dengan topping yang bermacam-macam seperti seafood atau ayam.

Mi Udon

ilustrasi jenis mi khas Asia/unsplash
ilustrasi jenis mi khas Asia/unsplash

Udon noodles atau yang biasa disebut dengan nama white Japanese wheat flour noodles, merupakan mi yang berasal dari negara Jepang, yang memiliki bentuk tebal. Mi udon memiliki warna putih, mi dengan ukuran yang besar, dan biasanya disajikan dengan daging sapi.

Mi udon sering sekali ditemukan di jajanan kaki lima di Jepang. Mi udon ini juga terkenal di Indonesia, dan dijual di restoran Jepang yang ada di Indonesia.

Jajangmyeon Noodle

ilustrasi jenis mi khas asia/pixabay
ilustrasi jenis mi khas asia/pixabay

Jajangmyeon atau jjajangmyeon merupakan jenis mi, yang dimasak menggunakan saus kacang kedelai hitam, yang berasal dari negara Korea. Jajangmyeon tersedia atau dijual dalam kemasan instan, yang bisa dimasak dengan mudah, dan rasanya sangat menggiurkan lidah.

Jika kamu yang ingin membuat jajangmyeon sendiri, jangan lupa menambahkan daging sapi, atau seafood agar makin enak.

Bihun

Bihun atau mihun merupakan jenis mi yang berasal dari Tiongkok. Bihun ini sangat terkenal di Indonesia, dan memiliki bentuk yang kecil dan tipid. Bihun berasal dari bahasa Tionghoa, yang artinya bi adalah beras, dan hun artinya adalah tepung.

Bihun biasanya diolah menjadi mi rebus atau goreng, dijadikan soto, bahkan disajikan sebagai hidangan ketoprak khas Indonesia.

Jadi, mi apa yang menjadi favoritmu? Share di sini.

Lanjutkan Membaca ↓