5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh

Gayuh Tri Pinjungwati01 Jul 2020, 20:15 WIB
buah bit

Fimela.com, Jakarta Bit adalah jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin. Bit mengandung vitamin esensial, mineral dan senyawa tanaman. Bit juga sangat baik untuk menu diet menurunkan berat badan. Berikut ini adalah beberapa manfaat bit bagi kesehatan tubuh.

Membantu Menjaga Tekanan Darah

Penyakit jantung dan stroke adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Efek penurunan tekanan darah ini kemungkinan disebabkan oleh konsentrasi nitrat yang tinggi dalam bit. Di dalam tubuh nitrat makanan di ubah menjadi ditrat oksida, molekul yang mengalir dalam pembuluh darah yang menyebabkan tekanan darah menurun.

Mencegah Peradangan

Peradangan kronis dikaitkan dengan sejumlah penyakit seperti obesitas, penyakit jantung, penyakit hati dan kanker. Bit mengandung pigmen yang disebut betalains, yang berpotensi memiliki sejumlah sifat anti-inflamasi. Seseorang dengan osteoarthritis menunjukkan bahwa kapsul betalain yang dibuat dengan ekstrak bit mengurangi rasa sakit terkait kondisi tersebut.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Diare
Selain gangguan pernapasan, gangguan pencernaan juga merupakan gejala virus corona (sumber foto: pixabay)

Serat makanan merupakan komponen penting dari diet sehat. Bit dapat dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan pencernaan. Mengonsumsi bit secara teratur dapat mencegah sembelit, penyakit radang usus dan divertikulitis.

Menjaga Kesehatan Otak

Fungsi mental dan kognitif menurun secara alami seiring bertambahnya usia. Pengurangan aliran darah dan suplai oksigen ke otak dapat menyebabkan seseorang mengalami dimensia. Menariknya, nitrat dalam bit dapat meningkatkan fungsi mental dan kognitif otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak.

Mampu Menurunkan Berat Badan

Bit memiliki beberapa nutrisi yang membuatnya sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Bit mengandung rendah kalori dan tinggi air. Selain rendah kalori, bit mengandung protein dan serat dalam jumlah sedang. Serat dalam buah bit juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Bit memberikan beberapa manfaat kesehatan yang cukup banyak. Bit juga mengandung banyak vitamin, nutrisi, termasuk serat, folat dan vitamin C. bit juga mengandung nitrat dan pigmen yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓