5 Hal yang Menandakan Bahwa Kamu Belum Berdamai dengan Masa Lalu

Imelda Rahma02 Jul 2020, 14:35 WIB
Masa Lalu

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang mengalami kesulitan saat harus berdamai dengan masa lalu. Pasalnya memaafkan dan melupakan masa lalu bukanlah hal yang mudah. Ada yang membutuhkan waktu lama sampai bertahun-tahun hanya untuk bisa menerima masa lalunya. Namun semakin lama kamu akan mengetahui bahwa yang bisa dilakukan ialah hanya berdamai dengannya.

Masih ada rasa sakit, dendam, malu, sedih, ataupun senang karena kejadian di masa lalu sebaiknya tidak membuatmu larut dalam perasaan tersebut karena yang sudah terjadi tidak akan bisa diulang kembali. Berjalannya waktu mengajarimu bahwa segalanya adalah proses yang akan memberikanmu pelajaran berharga.

Lagipula tidak ada yang bisa diperbuat dari masa lalu selain melepaskannya dan menjadikannya sebagai bagian dari langkah indahmu kedepan. Kamu bisa mengatakan bahwa kamu sudah melupakannya atau berdamai dengannya. Nyatanya, ada beberapa sikap dan tindakan yang membuktikan bahwa kamu belum bisa berdamai dengan masa lalu.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 hal yang menandakan bahwa kamu belum berdamai dengan masa lalu. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Masih Sering Terlintas di Benakmu

Masih Sering Terlintas di Benakmu
Ilustrasi Berdamai dengan Masa Lalu Credit: pexels.com/freestocks

Hal pertama yang menandakan bahwa kamu belum berdamai dengan masa lalu ialah masa lalu yang masih sering terlintas di pikiranmu. Jika kamu sudah benar-benar berdamai maka hal tersebut tidak akan mduah muncul karena kamu tahu itu bukan ha yang penting lagi. Namun jika secara tanpa sadar kamu mudah teringat pada masa lalu maka kamu belum benar-benar berdamai dengannya.

Bisa saja kenangan masa lalu itu mudah muncul saat kamu berada pada posisi yang sama dengan kejadian masa lalu tersebut. Bisa jadi terlintas begitu saja saat kamu sedang merenung dalam perjalanan di kendaraan atau melihat barang-barang yang pernah ada di masa lalu, jika jawabannya benar maka kamu belum berdamai dengan masa lalumu sendiri.

 

Masih Merasa Sakit saat Mengingatnya

Masih Merasa Sakit saat Mengingatnya
Ilustrasi Berdamai dengan Masa Lalu Credit: pexels.com/Yan

Hal kedua yang menandakan bahwa kamu belum berdamai dengan masa lalu ialah masih ada rasa sakit saat kamu mengingatnya. Rasa sakit itu tidak akan muncul jika kamu sudah merelakannya, karena kamu masih belum bisa ikhlas terhadap masa lalu itu, kamu merasakan sakit. Tidak aka nada sesak dalam dada jika kamu sudah memaafkannya dan menganggapnya sebagai serpihan kecil yang tidak perlu ditanggapi.

Jika kamu memahami dirimu dengan baik, kamu akan menyadari bahwa perasaan itu muncul akibat kamu belum benar-benar berdamai dengan masa lalu. Namun tidak apa, denga rasa sakit yang masih muncul kamu bisa menilai dan merasakannya sendiri apakah rasanya semakin memuncak atau justru perlahan menghilang.

 

Membuatmu Sedih saat Ingin Tidur

Membuatmu Sedih saat Ingin Tidur
Ilustrasi Berdamai dengan Masa Lalu Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Ketiga, hal yang menandakan bahwa kamu belum berdamai dengan masa lalu ialah merasa sedih hingga menangis secara tiba-tiba saat akan tidur. Waktu menjelang tidur memang rawan bisa membuat orang mengingat dan menyesali banyak hal apalagi jika masa lalumu itu sangat buruk.

Banyak pemicu yang menyebabkan kamu mudah mengingat masa lalu saat akan tidur, misalnya melihat riwayat chat atau mendengarkan musik dan lagu yang memorable serta ada kaitannya dengan masa lalu. Seketika perasaanmu menjadi kelabu. Jika kamu bersedih tanpad ada pemicunya maka kondisi alam bawah sadarmu yang melakukannya karena sebenarnya kamu berusaha menyangkal bahwa kamu sudah berdamai padahal tidak.

Merasa Sepi di Tengah Keramaian

Merasa Sepi di Tengah Keramaian
Ilustrasi Berdamai dengan Masa Lalu Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Berikutnya, hal yang menandakan bahwa kamu belum berdamai dengan masa lalu adalah mengalami kondisi dimana kamu berada dalam keramaian tetapi tetap merasa kesepian. Seolah keramaian tersebut seperti tidak berarti dan tidak berpengaruh padamu bahkan tidak mengubah sedikitpun mood yang ada dalam dirimu.

Jika jawabannya benar maka kamu sedang terjebak pada kondisi yang sangat menyiksa diri bahkan kamu sendiri bisa jadi tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi dan kamu mau. Kamu membiarkan dirimu hanyut dalam suasana, tenggelam daam keramaian dengan mati rasa. Jauh didalam hati, ada rasa rindu dan penyesalan yang berkecamuk sehingga perasaan itu yang kamu rasakan bukan keramaian yang ada dihadapanmu.

Mengalami Cemas Sampai Depresi

Mengalami Cemas Sampai Depresi
Ilustrasi Berdamai dengan Masa Lalu Credit: pexels.com/Anna

Terakhir, tanda yang sangat jelas saat kamu tidak bisa berdamai dengan masa lalu ialah mengalami kecemasan hingga depresi. Ini merupakan tanda yang tidak bisa disangkal lagi olehmu. Sebaiknya kamu harus cepat mengatasinya dengan cara berdamai. Cari pertolongan teman atau orang terdekat yang sekiranya bisa membantumu mengobati luka di masa lalu.

Jika kamu sudah sampai pada tahap cemas dan depresi artinya ada rasa penyesalan yang teramat dalam atau luka yang begitu menyakitkan hingga memengaruhi otak, tubuh, dan juga kondisi mentalmu. Jangan dibiarkan karena yang akan menjadi korbannya adalah dirimu sendiri. Cepat atau lambat kamu harus bisa menjalani hidup dengan pribadi yang lebih tegar dan itu hanya bisa didapatkan ketika kamu belajar berdamai dengan masa lalu.

Lanjutkan Membaca ↓
Nusantara Fashion Festival 2020 : Fashion Talks