5 Tips Penting Diketahui Jika Memanggang Kue dan Roti dengan Teflon

Febi Anindya Kirana03 Jul 2020, 11:15 WIB
wajan teflon

Fimela.com, Jakarta Saat ini pasti sudah banyak sekali resep-resep kue yang bisa dibuat tanpa oven, cukup menggunakan teflon di rumah. Jadi orang-orang yang semula terhalang membuat kue karena tak punya oven, kini sudah bisa berkreasi dengan hasil yang sama enaknya dengan kue yang menggunakan oven.

Namun sebenarnya ada beberapa hla yang perlu diperhatikan sebelum memanggang menggunakan teflon.

1. Pilih kue dan roti yang tepat

Meskipun bisa matang sempurna, namun nyatanya tidak semua kue atau roti bisa dipanggang menggunakan teflon. Hanya beberapa jenis kue saja seperti kue kering, pizza, bakpia dan brownies sederhana. Jenis kue yang menggunakan takaran bahan kering lebih banyak daripada bahan basah lebih cocok dipanggang di teflon. Jika ingin membuat cheese cake, croissant dan lainnya, jelas tak bisa.

2. Pakai yang anti lengket

pizza teflon
ilustrasi pizza/Photo by muhammad umair on Unsplash

Pastikan menggunakan teflon anti lengket, permukaanya datar dan cukup tebal. Wajan penggorengan biasa tak akan bisa digunakan untuk memanggang roti. Jika menggunakan teflon anti lengket datar, pemanggangan akan lebih merata dan tidak takut rekat di dasar kemudian menimbulkan gosong jika diangkat.

3. Gunakan api sangat kecil

Ketika memanggang pakai teflon pastikan gunakan api sangat kecil karena hanya dengan api sangat kecil teflon akan mengalirkan panas yang merata sehingga kue dan roti bisa matang sempurna, tidak gosong dan bagian dalamnya belum matang.

4. Oles margarin tipis sebelum memanggang

Teflon
Teflon/copyright: unplash/casiano barletta

Meski yakin anti lengket, tetap beri sedikit olesan minyak atau margarin sebelum meletakkan adonan yang ingin dipanggang. Bukan hanya memberikan aroma lebih gutih tapi juga berjaga-jaga jika alas teflon ternyata cukup lengket.

5. Alasi teflon sebelum memanggang

Alasi dengan seng atau saringan panci agar panasnya tidak langsung mengenai teflon. Bisa juga menggunakan dua tatakan kompor yang ditumpuk sehingga panasnya tidak fokus di satu titik dan membuat adonan gosong sebelum waktunya. Seperti oven, panaskan lebih dulu sebelum memanggang. 

Nah, itu dia sekian hal yang perlu diperhatikan jika ingin memanggang kue atau roti menggunakan teflon.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓