5 Tips Menjaga Diri Bagi Perempuan Agar Terhindar dari Pelecehan Seksual

Imelda Rahma03 Jul 2020, 12:17 WIB
Menjaga Diri

Fimela.com, Jakarta Selagi ancaman pelecehan seksual masih ada, perempuan harus bisa menjaga dirinya sebaik mungkin. Untuk menjaga diri sendiri, kita tidak bisa bergantung pada orang lain karena itu merupakan tanggungjawab masing-masing orang. Sebagai sosok yang selalu dianggap lemah, perempuan harus bisa kuat dan tahu bagaimana caranya menjaga diri.

Banyak yang mengatakan bahwa perempuan tidak sekuat pria, sekalipun pernyataan itu benar, bukan berarti kita membiarkan diri dilecehkan atau sampai mengalami kekerasan seksual. Cara pandang sosial yang mendiskriminasikan perempuan harus menjadi tantangan yang dibuktikan oleh perempuan itu sendiri.

Pasalnya, pelecehan seksual itu bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan siapapun bisa menjadi korbannya. Maka dari itu, ada baiknya jika kamu mulai mencari tahu informasi cara untuk menjaga dan melindungi diri agar mencegah hal-hal buruk yang sekiranya bisa terjadi padamu.

Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 tips menjaga diri bagi perempuan agar terhindar dari pelecehan seksual. Informasi ini tentunya akan sangat berguna bagi setiap perempuan yang masih bingung dalam menjaga diri. Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Menjaga Penampilan

Menjaga Penampilan
Ilustrasi Penampilan yang Sopan Credit: pexels.com/Design

Tips menjaga diri bagi perempuan yang pertama agar terhindar dari ancaman pelecehan seksual ialah menjaga penampilan. Memang hal ini pun sebenarnya tidak menjamin sepenuhnya perempuan dapat terhindar dari pelecehan seksual terutama pelecehan dalam bentuk ‘cat calling’ namun setidaknya dapat meminimalisir hal itu terjadi.

Dengan berpakaian yang sopan sesuai dengan norma kesopanan yang ada pada masyarakat tentu akan menjadi lebih aman. Terlepas dari kebebasan berekspresi dalam berpakaian, perempuan juga harus bisa berpikir realistis bahwa berpakaian sopan sesuai norma kesopanan yang ada bukan berarti sebuah pengekangan namun merupakan cara untuk menghargai dan menjaga diri.

Memilah Pertemanan yang Sehat

Memilah Pertemanan yang Sehat
Ilustrasi Pertemanan yang Sehat Credit: pexels.com/Helena

Tips yang kedua bagi perempuan untuk menjaga diri ialah memilah pertemanan yang sehat. Hal ini penting karena banyak kasus pelecehan dan kekerasan seksual terjadi justru pelakunya adalah orang-orang terdekat. Maka dari itu, pastikan bahwa lingkar pertemananmu adalah hubungan sehat dan mereka bisa menghargai dirimu.

Terutama jika kamu memiliki banyak teman pria, kamu patut berhati-hati dan wasapada. Sekalipun menurutmu dia adalah orang yang baik karena segala kemungkinan buruk bisa terjadi jika situasinya juga menghendaki. Pastikan kamu selalu memberi batasan terhadap pertemananmu dengan lawan jenis agar terhindar dari pelecehan seksual.

Membawa Alat Keamanan

Membawa Alat Keamanan
Ilustrasi Alat Keamanan Credit: pexels.com/Artem

Berikutnya, tips menjaga diri bagi perempuan agar terhindar dari ancaman pelecehan seksual ialah selalu membawa alat kemanan untuk pertahanan diri jika berada pada situasi yang berbahaya. Alat keamanan disini bukan berarti benda tajam tetapi seperti botol spray atau bubuk cabai yang bisa kamu gunakan untuk pertahanan diri.

Sediakan alat keamanan tersebut dalam bentuk yang praktis sehingga bisa kamu masukkan ke dalam tas dan tentunya bisa kamu bawa kemanapun kamu pergi. Jika seandainya kamu mengalami situasi yang mencekam, kamu bisa gunakan semprotan dan bubuk cabai tersebut untuk orang mencoba melakukan pelecehan seksual.

Mengatur Mode Speed Dial Pada Ponsel

Mengatur Mode Speed Dial Pada Ponsel
Ilustrasi Penggunaan Ponsel Credit: pexels.com/Tofros

Selanjutnya, tips untuk menjaga diri agar terhindar dari pelecehan seksual adalah dengan mengatur mode speed dial atau panggilan cepat pada pengaturan ponselmu. Pengaturan ini akan sangat berguna karena jika sesuatu hal yang buruk terjadi padamu, ponsel secara otomatis akan melakukan panggilan cepat pada nomor yang kamu daftarkan.

Kamu bisa menambahkan nomor orangtua, kerabat dekat, atau pasanganmu pada mode panggilan cepat sehingga akan otomatis tersambung pada mereka. Selain nomor orang yang kamu kenal, daftarkan juga nomor apparat keamanan atau kepolisian untuk berjaga-jaga dari situasi yang berbahaya.

Mempelajari Teknik Bela Diri

Mempelajari Teknik Bela Diri
Ilustrasi Bela Diri Credit: pexels.com/SabelBlanco

Terakhir, tips menjaga diri yang juga harus diketahui oleh perempuan agar mampu memiliki pertahanan diri yang kuat ialah mempelajari teknik bela diri khusus untuk menjaga diri dari bahay pelecehan seksual. Kamu tidak perlu mempelajari ilmu bela diri sampai sabuk hitam atau tingkatan yang paling tinggi tetapi cukup tahu teknik yang tepat dan mudah diaplikasikan untuk menjaga diri.

Kamu bisa mendapatkan banyak informasi dari internet, ada banyak video pertahanan diri yang bisa kamu tonton. Coba lakukan sampai lancar sehingga refleks tubuh akan muncul seketika kamu berada dalam bahaya. Ingat, mempelajari teknik bela diri kamu lakukan semata-mata untuk menjaga diri bukan untuk menindas kaum pria.

Lanjutkan Membaca ↓