Mulai Januari 2021, Rusia akan Terapkan e-Visa

Karla Farhana07 Jul 2020, 18:30 WIB
[Fimela] Rusia

Fimela.com, Jakarta Rusia, negara yang menjadi tujuan bagi banyak calon mahasiswa kedokteran dan teknik di Indonesia, kini terbuka bagi wisatawan mancanegara berbekal e-visa. Ketetapan ini berlaku mulai 1 Januari 2021. Dilansir dari Russia Beyond, Majelis Rendah Parlemen Rusia (Duma) telah mengesahkan undang-undang terkait pada Selasa (23/6). 

Sebelumnya, pelancong asing dari 53 negara, termasuk Indonesia, sudah bisa menggunakan e-visa untuk mengunjungi Sankt Peterburg, Kaliningrad, dan Distrik Federal Timur Jauh, sejak pertengahan 2019 lalu. Tahun depan, kamu sudah bisa mengunjungi kota mana pun di Rusia dengan e-visa, tanpa harus mengurus permohonan visa ke konsulat. 

Kamu dapat mengajukan permohonan e-visa lewat situs web Kementerian Luar Negeri Rusia. Prosesnya tidak akan lebih dari 4 hari (termasuk hari libur). Jika disetujui, e-visa sekali masuk atau single entry akan dikirim visa email dan berlaku hingga 60 hari. Meskipun begitu, kamu tidak bisa tinggal di Rusia lebih dari 16 hari dengan e-visa. 

Lantas, bagaimana dengan harganya? Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Evgeny Ivanov mengatakan kepada Russia Beyond, biaya e-visa tidak lebih dari $50 dan gratis bagi anak-anak berusia di bawah 6 tahun. 

Kapan Harus Mengunjungi Rusia?

[Fimela] Rusia
Rusia pexels.com/@vierro-2008087

Jika kamu berencana untuk mengunjungi Rusia tahun depan, jangan lupa untuk memeriksa keadaan dan protokol yang harus kamu jalani terkait virus Corona atau COVID-19. Sepanjang tahun, Rusia memiliki 4 musim yang menyuguhkan pemandangan fantastis. Jadi, kapan waktu yang tepan untuk mengunjungi Rusia?

Russia Beyond menulis, waktu yang tepat untuk berkunjung tergantung pada kota yang kamu tuju. Jika ingin menghabiskan waktu yang cukup lama di Moskow, datanglah ke kota ini di musim panas, dimana kamu bisa mengunjungi alun-alun kota yang bersejarah. Tapi, kamu juga bisa mengunjungi kota ini menjelang akhir tahun untuk menikmati kota Moskow yang diselimuti salju. 

Sementara itu, jika kamu ingin mengunjungi Sankt Peterburg, pilihlah musim 'malam putih,' di akhir Mei hingga awal Juli. Kamu bisa menikmati malam yang tampak seperti siang karena matahari hampir tidak pernah tenggelam. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓