4 Tips Mencegah Bau Mulut Tak Sedap selama Menggunakan Masker

Endah Wijayanti04 Jul 2020, 13:15 WIB
bau mulut saat pakai masker

Fimela.com, Jakarta Bau mulut makin tak sedap selama keseharian menggunakan masker? Tak perlu panik dulu. Bau mulut tak sedap selama menggunakan masker bisa dicegah.

Sebelumnya mari pahami dulu sejumlah penyebab umum bau mulut tak sedap. Mark Burhenne, DDS, doter gigi holistik seperti yang dikutip dari mindbodygreen.com mengungkapkan bahwa bau mulut tak sedap bisa disebabkan karena mulut kering (karena bernapas atau konsumsi obat-obatan tertentu), konsumsi makanan tinggi gula atau asam, dan kebersihan oral yang buruk. Selama menggunakan masker dalam keseharian atau rutinitas, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mencegah atau mengurangi bau mulut tak sedap.

1. Kurangi Konsumsi Makanan Bergula dan Tinggi Asam

Saat kita terlalu banyak mengonsumsi makanan bergula dan tinggi asam, maka bakteri di dalam mulut akan meninggalkan bau yang tak sedap. Sebaiknya kurangi konsumsi jenis makanan dan minuman yang tinggi gula dan asam. Pastikan selalu menyikat gigi setiap kali selesai makan makanan yang tinggi gula dan asam.

2. Minum Lebih Banyak Air Putih

Cara simpel dan mudah untuk mencegah bau mulut tak sedap adalah dengan minum banyak air putih. Air liur kita merupakan "alat penting" untuk menjaga kesehatan biofilm (kumpulan sel mikroorganisme, khususnya bakteri, yang melekat di suatu permukaan biologis ataupun benda mati dan diselimuti oleh pelekat karbohidrat yang diproduksi oleh bakteri). Kurang air minum maka mulut akan semakin kering sehingga membuat bau mulut makin tak sedap. Jadi, pastikan selalu minum air putih cukup setiap harinya, ya.

3. Sikat Permukaan Lidah

Masker untuk asap kebakaran hutan
Ilustrasi./(Foto: structuresxx/ shutterstock)

Selain menyikat gigi, menyikat lidah juga cukup efektif untuk cegah bau mulut tak sedap. Sikat permukaan lidah dengan alat khusus atau bisa juga menggunakan sikat gigi yang biasa untuk menghilangkan bakteri yang menumpuk dan sulfur yang menumpuk di permukaan lidah.

4. Gunakan Penyegar Mulut Bebas Alkohol

Melansir laman everydayhealth.com, salah satu cara untuk mengatasi bau mulut tak sedap adalah dengan berkumur menggunakan penyegar mulut. Tapi pilih penyegar mulut yang bebas alkohol. Berkumur selama 30 menit lalu muntahkan, kemudian bisa berkumur dengan air biasa untuk membilasnya.

Empat cara di atas adalah tips-tips dasar yang bisa dicoba untuk mencegah dan mengatasi bau mulut tak sedap sehari-hari saat menggunakan masker. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓