Apakah Aman Makan Brokoli Mentah? Ini Manfaat dan Risikonya

Febi Anindya Kirana04 Jul 2020, 12:45 WIB
brokoli

Fimela.com, Jakarta Brokoli termasuk makanan yang paling sehat di dunia ini. Mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan sangat aman dikonsumsi setiap hari.

Brokoli bisa dimasak dengan berbagai macam cara, mulai drai tumis, goreng, rebus, kukus, hingga panggang. Namun banyak orang mungkin penasaran, apakah brokoli bisa dimakan mentah? Karena beberapa artikel mengatakan bahwa brokoli bisa dimakan mentah.

Faktanya, brokoli memang bisa dimakan tanpa perlu lama dimasak, seperti dilansir dari Healthline. Cukup disiram air panas, brokoli sudah bisa dimakan begitu saja.

Agar bisa menikmati brokoli dalam kondisi mentah, brokoli hanya harus dicuci hingga benar-benar bersih, terutama sela-selanya. Teksturnya mungkin akan lebih keras dan renyah tidak seperti ketika sudah dimasak. Meskipun rasanya mungkin memang lebih 'mentah'.

 

Kandungan nutrisi brokoli mentah

brokoli
ilustrasi brokoli/Photo by Reinaldo Kevin on Unsplash

Pemasakan terlalu lama akan menghilangkan banyak vitamin C di dalam brokoli. Kandungan vitamin C dalam 90 gram brokoli mentah sekitar 90-108% bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian, seperti dijelaskan dalam FoodData Central Amerika. Ketika dipanaskan, kandungan vitamin C ini akan berkurang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PubMed Central Journal of Zhejiang University menemukan bahwa menumis brokoli bisa mengurangi vitamin C hingga 38% dan merebusnya bisa mengurangi hingga 33%.

Namun makan brokoli mentah bukannya tidak menimbulkan efek samping. Meski pada umumnya tidak menimbulkan masalah kesehatan serius, namun makan brokoli mentah bisa menyebabkan perut kembung atau bergas. Tapi efek perut kembung ini juga tetap terjadi meskipun brokoli dimasak. Dengan kata lain, tidak ada bedanya.

Jadi, apakah brokoli bisa dimakan mentah? Sangat bisa. Tapi jika ragu makan brokoli mentah karena takut terkontaminasi bakteri lainnya, tentu sangat dianjurkan memasak brokoli lebih dulu untuk lebih amannya ya Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓