4 Manfaat Pijat Payudara, Membuang Racun Hingga Melepas Stres

Endah Wijayanti04 Jul 2020, 12:41 WIB
pijat payudara

Fimela.com, Jakarta Pijatan selalu menghadirkan kenyamanan dan sensasi yang rileks pada area tubuh yang dipijat. Tak terkecuali pada pijat payudara. Pijat payudara bila dilakukan dengan benar bisa memberi sejumlah manfaat positif.

Pijat payudara yang benar bukan sekadar menggosok kulit permukaan payudara. Mengutip laman mindbodygreen.com, untuk memijat payudara perlu menggunakan minyak, bisa minyak zaitun, minyak kelapa, atau jojoba. Gosok-gosokkan minyak pada telapak tangan yang bersih, lalu mulai pijat area payudara dari lingkar dekat puting hingga bagian luar payudara, lakukan pijatan lembut pada seluruh permukaan payudara. Gerakan memijat kemudian bisa ke arah dalam payudara, tengah, bawah, dan sisi luar payudara. Lakukan dengan lembut dan perlahan.

Pijat payudara saat dilakukan dengan baik dan benar pun bisa memberi sejumlah dampak positif. Seperti manfaat-manfaat berikut ini.

1. Memperlancar Sirkulasi dan Membantu Proses Detoksifikasi

Torrie Thompson, D.C. kepala pakar kesehatan di Modern Holistic Health mengungkapkan bahwa pijat payudara dapat meningkatkan sirkulasi dan membatnu proses detoksifikasi. "Payudara adalah bagian dari sistem limfatik yang membuang racun dan materi yang tak diinginkan dari dalam tubuh," jelasnya. Melakukan pijat payudara dapat mengatasi penyumbatan di saluran limfa dan membantu tubuh mengeluarkan racun dengan lebih efektif.

2. Memperlancar Produksi ASI

Pada ibu menyusui, pijat payudara dapat membantu melancarkan produksi ASI. Mengutip synapse.koreamed.org, sebuah penelitian dengan para ibu baru menemukan bahwa pijat payudara tak hanya mengurangi rasa nyeri saat menyusui tapi juga mengurangi kadar sodium pada ASI. Dalam penelitian lain ditemukan bahwa pijat payudara pada tahun pertama setelah melahirkan bisa meningkatkan kualitas ASI.

 

3. Melepas Stres

nyeri payudara hamil
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Seperti berbagai jenis pijatan lain, pijat payudara juga bisa menghadirkan perasaan positif. Dengan pijat payudara, tubuh akan melepas hormon oksitosin. Meningkatnya hormon oksitosin ini pun kemudian bisa menghadirkan perasaan rileks dan senang sehingga bantu mengurangi stres.

4. Mengatasi Nyeri Otot

Jika sering melakukan olahraga seperti pushup atau angkat beban, payudara akan terasa nyeri setelah berolahraga. Otot-otot payudara yang nyeri karena olahraga, postur tubuh yang buruk, atau pengaruh otot leher dan punggung yang tegang bisa diatasi dengan pijat payudara. Pijat payudar dapat membantu merilekskan otot-otot payudara dan mengatasi nyeri.

Kita bisa melakukan pijat payudara sendiri. BIsa dilakukan dua hingga tiga kali seminggu. Usahakan tidak terlalu keras menekan atau memijat. Sesuaikan saja dengan kenyamanan. Namun, jika mulai merasakan nyeri yang tak biasa, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓