5 Cara Ampuh Menanggapi Komentar Negatif di Media Sosial

Imelda Rahma06 Jul 2020, 09:35 WIB
Medsos

Fimela.com, Jakarta Selain memiliki banyak manfaat sebagai sarana untuk saling berbagi informasi, media sosial juga merupakan tempat bersarangnya komentar negatif. Tidak bisa dipungkiri memang karena opini tidak hanya soal pujian tetapi juga hinaan dalam bentuk komentar negatif. Bagi kamu yang menggunakan media sosial pasti sudah paham bahwa hal ini sudah menjadi konsekuensi.

Tentu kita tidak bisa mengatur komentar yang akan dituliskan orang pada akun media sosial kita maupun postingan yang kita bagikan. Akan ada yang memberikan komentar positif dan ada juga yang memberi komentar negatif. Maka yang jadi pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara kita menanggapi komentar negatif yang sekiranya muncul di akun media sosial kita bukan lagi membahas mengapa hal itu bisa terjadi.

Menjadi sebuah keniscayaan walaupun kita sudah berusaha memberikan postingan yang bernada positif, tetapi komentar negatif tetap bisa saja muncul. Penting bagi kita untuk tahu bagaimana cara menanggapi komentar negatif di media sosial karena ini bukan hanya tentang media sosial tetapi juga tentang kesehatan mental kita dan cara kita mengedukasi orang untuk memiliki adab dalam bermedia sosial.

Maka dari itu, bagi kamu yang sering mendapatkan komentar negatif di media sosial tentunya harus tahu cara yang tepat untuk menanggapi maupun menyikapinya. Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 cara ampuh menanggapi komentar negatif di media sosial. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

 

Tidak Membalas dan Mengabaikan Saja

Tidak Membalas dan Mengabaikan Saja
Ilustrasi Penggunaan Media Sosial Credit: pexels.com/pixabay

Cara ampuh menanggapi komentar negatif yang pertama bisa kamu coba adalah mendiamkannya saja dengan tidak membalasnya alias mengabaikan. Tentu ini adalah tahap awal yang perlu kamu lakukan sekiranya kamu mendapatkan komentar negatif yang tidak penting dan juga tidak merugikan dirimu sendiri.

Biasanya komentar negatif yang bisa kamu tanggapi dengan cara ini ialah komentar iseng yang tidak memiliki motif. Maka jangan pusingkan dirimu dengan ke-isengan orang lain. Abaikan saja dan anggap angina lalu yang tidak perlu kamu gubris.

Membalas Komentar dengan Sopan

Membalas Komentar dengan Sopan
Ilustrasi Penggunaan Media Sosial Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Kedua, cara ampuh menanggapi komentar negatif yang kedua ialah membalas balik komentarnya dengan kata-kata yang sopan. Cara membuat orang yang membenci kita marah salah satunya adalah tidak menanggapinya dengan kemarahan yang sama. Apabila kamu menanggapinya dengan amarah maka dia akan merasa berhasil karena kamu telah termakan oleh komentarnya.

Balas saja dengan kata yang sopan agar dia tahu bahwa komentar negatif tidak mampu menggoyahkanmu apalagi membuatmu emosi. Ketika kamu mampu menanggapinya dengan balasan yang baik, kesan yang akan didapatkan ialah bahwa kamu orang yang bijak dan tahu etika dalam mengutarakan pendapat di media sosial karena memang sebenarnya tidak ada orang yang mau direndahkan didepan banyak orang termasuk di media sosial yang jejak digitalnya bisa dilihat siapapun.

Membalasnya Lewat Pesan Pribadi

Membalasnya Lewat Pesan Pribadi
Ilustrasi Penggunaan Media Sosial Credit: pexels.com/pixabay

Ketiga, cara ampuh menanggapi komentar negatif yang perlu kamu lakukan ialah dengan membalasnya lewat pesan pribadi. Tentu hal ini perlu kamu lakukan apabila komentar negatif yang diberikan sangat mengganggu, merugikan, bahkan berujung pada fitnah maka sebaiknya kamu tidak perlu memperpanjang perdebatan di ranah terbuka. Balas saja secara langsung melalui pesan pribadi.

Jika tidak memiliki motif, biasanya komentar negatif tersebut bisa dengan mudah kamu abaikan karena tidak berdampak. Namun jika dirasa sudah keterlaluan dan merugikan, ada baiknya kamu tanyakan langsung kepada akun tersebut. Konfirmasi dan beritahu padanya bahwa yang ia lakukan sudah kelewat batas dan mengganggumu.

Menutup Kolom Komentar

Menutup Kolom Komentar
Ilustrasi Penggunaan Media Sosial Credit: pexels.com/pixabay

Keempat, cara ampuh lainnya untuk menanggapi komentar negatif adalah melakukan tindakan pada akun media sosialmu dengan menutup kolom komentar sehingga orang tidak memiliki akses untuk mengomentari postinganmu. Bagi selebgram, influencer, hingga selebriti, menutup kolom komentar sering dijadikan cara ampuh untuk menghindari komentar negatif.

Jika dirasa perlu, kamu bisa mengubah pengaturan akun media sosialmu dan menutup kolom komentarnya. Dengan cara ini, kamu tidak akan menemukan opini yang menyakitkan hati. Bukan berarti kamu takut atau pecundang, tetapi menutup kolom komentar adalah hak masing-masing individu dalam mengelola media sosialnya.

Memblokir Akun Penebar Kebencian

Memblokir Akun Penebar Kebencian
Ilustrasi Penggunaan Media Sosial Credit: pexels.com/pixabay

Terakhir, cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menanggapi komentar negatif adalah dengan cara memblokir akun tersebut. Bisa jadi selama ini akun yang sering memberikan komentar negatif adalah akun palsu yang sengaja dibuat untuk menebar kebencian. Tidak perlu digubris, langsung saja blokir akunnya karena akun tersebut berbahaya.

Bisa jadi dia tidak memiliki masalah denganmu hanya saja dia suka menebar kebencian di media sosial lewat aku palsu yang dimiliki. Maka tidak apa ketika kamu memutuskan untuk memblokirnya jika itu perlu dan lebih baik.

Lanjutkan Membaca ↓