Tips Membuat Yoghurt Rumahan Anti Gagal dengan 2 Bahan Saja

Endah Wijayanti06 Jul 2020, 10:42 WIB
membuat yoghurt

Fimela.com, Jakarta Yogurt memiliki kandungan kalsium, protein, dan probiotik. Mengonsumsinya secara rutin dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, menjaga berat badan, dan mengurangi risiko inflamasi. Yogurt pun cocok dijadikan menu sarapan.

Bila ingin lebih hemat dalam menyimpan stok yogurt di rumah, yuk coba bikin sendiri. Dengan dua bahan saja, kita sudah bisa membuat yogurt anti gagal. Simak tips dan cara pembuatannya di bawah ini.

Gunakan Susu Full Cream

Kita bisa menggunakan susu sapi murni atau susu UHT. Selain itu susu full cream juga bisa digunakan. Bila menggunakan susu full cream, komposisi bahannya sebagai berikut:

  • 500 ml susu full cream
  • 2 sdm yogurt plain untuk biang

Susu Direbus Hingga Muncul Buih

Masak susu dengan api sedang. Rebus hingga muncul buih-buih kecil di pinggiran panci. Matikan api. Biarkan hingga hangat.

 

 

Tambahan Yogurt Plain

ilustrasi yogurt untuk menyembuhkan migrain/pixabay
ilustrasi yogurt./pixabay

Masukkan 2 sdm yogurt ke dalam susu yang masih hanagt. Aduk rata. Rasa yogurt yang akan kita hasilkan sama dengan yogurt biang yang kita pakai.

Masukkan ke Dalam Wadah Tertutup Rapat

Selangi masih hangat, masukkan campuran susu dan yogurt ke dalam wadah yang tertutup rapat. Pastikan tidak ada celah yang membuat udara masuk. Bungkus dengan kain bersih. Simpan di dalam tempat kering dan tertutup selama minimal 12 jam.

Bisa Disimpan di Dalam Kulkas

Setelah proses fermentasi selesai, yogurt bisa disimpan di dalam kulkas untuk dijadikan stok. Yogurt bisa dinikmati dengan aneka buah segar sesuai selera.

Sangat mudah bukan membuat yogurt sendiri di rumah? Selamat mencoba, ya.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓