5 Cara agar Tumis Daging Empuk dan Bumbunya Meresap

Febi Anindya Kirana06 Jul 2020, 15:35 WIB
tumis daging

Fimela.com, Jakarta Masak daging tidak harus ribet dan butuh waktu lama. Bahkan dengan cara masak tumis saja juga enak dan tidak kalah dengan masakan yang butuh waktu berjam-jam. Tapi orang sering ragu masak tumis daging karena takut dagingnya masih alot dan bumbunya tidak terasa. Ini caranya agar tumis daging terasa mantap di lidah.

1. Iris tipis

Pastikan tidak menumis daging dalam potongan terlalu tebal misalnya potong dadu. Tektur daging yang elastis dan berserat membuatnya sulit dikunyah. Jadi lebih baik potong daging tipis-tipis agar proses pematangannya lebih cepat dan empuk dimakan. Jika kesulitan memotong tipis, bekukan dahulu daging setelah itu potong tipis karena daging tidak begitu licin.

2. Pukul-pukul

Jika ragu apakah daging empuk atau tidak, bisa dipukul-pukul secukupnya agar seratnya hancur. Memukul-mukul daging yang sudah dipotong-potong untuk ditumis juga membantu bumbu lebih meresap ke dalam daging sehingga lebih nikmat dimakan.

3. Gunakan daging yang empuk

tumis daging asparagus
Ilustrasi tumis daging asparagus./Copyright shutterstock.com/g/jreika

Akan lebih baik lagi jika membeli daging yang memang sudah empuk. Ada beberapa bagian daging sapi yang tidak terlalu berserat dan liat ketika dimasak, seperti bagian tenderloin (has dalam), sirloin (has luar), dan rib eye. Jadi ketika memasaknya, tak perlu perlakuan khusus karena sudah empuk dengan sendirinya.

4. Rendam bumbu

Daging yang sudah dipotong-potong rendam di dalam bumbu agar membantu memecah seratnya sehingga lebih empuk ketika dimasak. Merendam daging dalam bumbu juga membuat bumbu meresap hingga ke dalam.

5. Masak sebentar saja

Masak daging terlalu lama akan membuatnya alot. Menumis daging cukup hingga matang saja, tandanya daging berubah sudah warna. Cukup maksimal menumisnya selama 3 menit, kemudian angkat. Aduk-aduk agar matangnya merata.

Nah, itu dia sekian cara agar daging yang ditumis empuk dan bumbunya lebih terasa. Silakan dicoba di rumah.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓