Wajib Dicoba, Ini 4 Rekomendasi Aktivitas yang Bisa Memperbaiki Mood dengan Cepat

Imelda Rahma06 Jul 2020, 18:35 WIB
Mood

Fimela.com, Jakarta Mood adalah sesuatu yang dinamis, mood seseorang bisa berubah menjadi baik atau menjadi buruk hanya dengan hitungan waktu saja. Bagi seseorang yang mampu mengontrol dan mengelola emosinya, pasti perubahan mood bukan menjadi masalah. Namun, bagi yang belum bisa mengelolanya atau mengalami perubahan mood secara ekstrim pasti akan memiliki masalah dengan hal tersebut.

Perubahan mood sendiri dipengaruhi oleh dua faktor, ada faktor dari dalam dan juga ada faktor dari luar. Faktor yang berasal dari dalam contohnya ialah emosi atau perasaan dan hal yang sedang kamu pikirkan. Sedangkan faktor yang berasal dari luar contohnya adalah ketika berinteraksi dengan orang lain atau melihat sesuatu yang buruk.

Masalah mood yang tidak ditangani dengan serius bisa berakibat buruk pada dirimu sendiri bahkan yang lebih parah bisa sampai pada gejala penyakit yang berhubungan dengan perubahan mood ekstrim sampai depresi. Oleh karena itu, penting buatmu mengetahui bagaimana caranya mengendalikan dan memperbaiki mood dengan waktu cepat.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mebagikan informasi 4 rekomendasi aktivitas yang bisa memperbaiki mood dengan cepat. Dengan informasi ini, kamu bisa langsung mencobanya agar mood dapat kembali membaik. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Membeli Makanan Favorit

Membeli Makanan Favorit
Ilustrasi Makanan Favorit Credit: pexels.com/Adrienn

Pertama, rekomendasi aktivitas yang bisa memperbaiki mood dengan cepat ialah membeli makanan favorit. Cara ini menjadi cara yang paling sering dilakukan banyak orang ketika mengalami badmood karena satu atau dua hal. Biasanya mereka akan langsung memikirkan dan membeli makanan apapun yang mereka inginkan saat itu juga.

Hal ini sangat wajar karena pada saat emosi atau badmood bisa jadi ketika itu kita juga sedang lapar. Biasanya orang yang lapar akan mudah badmood karena ia terganggu dan merasa tidak nyaman juga dengan gerakan diperutnya yang diterjemahkan melalui rasa lapar. Hal ini juga menjadi alasan mengapa saat seseorang marah akan langsung membaik ketika dibelikan makanan kesukaannya.

Menonton Film Aktor Favorit

Menonton Film Aktor Favorit
Ilustrasi Menonton Film Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Kedua, rekomendasi aktivitas lain yang juga bisa memperbaiki mood dengan cepat ialah menonton film yang aktornya kamu sukai. Jelas ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mengalihkan dan melepas emosi negatif yang sedang menguasaimu. Dengan menonton film dari aktor kesukaan, kamu akan terhibur dan lupa dengan masalahmu.

Menonton film untuk memperbaiki mood memainkan sugesti dan alihan energi negatif pada tubuh karena pada saat menonton film, kamu akan terbius dengan film tersebut dan lupa dengan hal apa yang membuatmu kesal. Perasaan juga akan membaik setelah selesai menonton film, entah karena pesan moral atau aksi aktor yang kamu sukai tersebut yang membuatmu lebih baik namun esensinya adalah kamu tidak merasa badmood lagi.

Mendengarkan Lagu yang Kamu Suka

Mendengarkan Lagu yang Kamu Suka
Ilustrasi Mendengarkan Musik Credit: pexels.com/Tirachard

Ketiga, rekomendasi aktivitas yang dapat memperbaiki mood dengan cepat ialah dengan mendengarkan lagu-lagu yang kamu sukai. Kamu pasti memiliki playlist yang isinya lagu-lagu andalan dan kesukaanmu. Mood akan berubah dengan cepat menjadi lebih baik saat kamu mendengarkan dan meresapi setiap alunan music dan liriknya.

Sama seperti menonton film, cara ini juga memainkan sugesti dan mengalihkan fokus, tidak lagi pada energi negatif yang membuatmu badmood namun pada hal-hal yang membuatmu merasa senang. Jangan salah, musik dan lagu memiliki kekuatan yang luar biasa utnuk mengubah perasaanmu bahkan hanya dengan musik, suatu perubahan besar bisa terjadi dalam hidupmu.

Menelpon Orang yang Kamu Percaya

Menelpon Orang yang Kamu Percaya
Ilustrasi Menelpon Credit: pexels.com/Kaboompics

Terakhir, rekomendasi aktivitas yang dapat memperbaiki mood dengan cepat ialah dengan menelpon seseorang yang kamu percaya. Bisa jadi orang tersebut adalah orangtua, pasangan, atau teman dekat. Menelpon dan bercerita apa yang menjadi penyebab kamu badmood bisa membuat perasaan menjadi lebih lega dan tenang. Dampaknya mood jelek tersebut pun dapat berubah kembali membaik.

Ingat, untuk cara yang satu ini, pastikan kamu memilih orang yang tepat untuk diajak berbicara dan bercerita. Tidak semua orang mampu menjadi pendengar yang baik, jika kamu salah memilih rekan untuk diajak bicara, efeknya bukannya mood semakin membaik justru bisa bertambah buruk.

Lanjutkan Membaca ↓