Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan Tubuh

Kezia Prasetya Christvidya07 Jul 2020, 14:35 WIB
mangga-kezo

Fimela.com, Jakarta Buah mangga merupakan buah tropis, yang memiliki rasa manis, bernutrisi dan memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh. Tak hanya buahnya, ternyata daun mangga juga memiliki banyak manfaat, yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Daun buah mangga memiliki kandungan giziyang tinggi, bisa diolah menjadi berbagai olahan, dan bisa dijadikan sebagai bahan ramuan herbal. Daun mangga sering dibuat sebagai rebusan atau teh daun mangga, yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Berikut manfaat daun mangga, yang baik untuk kesehatan tubuh, dilansir dari berbagai sumber:

Manjaga Sistem Imun

ilustrasi manfaat daun mangga/unsplash
ilustrasi manfaat daun mangga/unsplash

Di zaman sekarnag, harus banyak mengonsumsi makanan dan minuman, yang bisa membantu menjaga sistem imun tubuh. Mengonsumsi daun mangga, bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Daun mangga memiliki kandungan polifenol dan terpenoid, yang bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh, dan melindungi sel dari radikal bebas.

Mencegah Kanker

Manfaat mengonsumsi daun mangga, bisa membantu mencegah penyakit kanker, yang disebabkan karena kerusakan sel imun di dalam tubuh. Daun mangga memiliki senyawa mangiferin, yang bersifat antikanker, agar seseorang tidak mudah terkena penyakit kanker.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi daun manggan sangat signifikan terhadap penderita kanker, namun daun mangga bukanlah obat utama untuk menyembuhkan kanker.

Melancarkan Sistem Pencernaan

ilustrasi manfaat daun mangga/pixabay
ilustrasi manfaat daun mangga/pixabay

Manfaat daun mangga yang selanjutnya, bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga terhindar dari masalah lambung. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi daun mangga, bisa membantu mengobati asam lambung.

Daun mangga memiliki sifat gastroprotektif, yang berfungsi untuk melindungi perut dari berbagai penyakit lambung, seperti asam lambung atau maag.

Kamu bisa menambahkan beberapa daun mangga ke dalam air hangat, lalu biarkan semalaman. Keesokan harinya minumlah air tersebut.

Mencegah Penuaan Dini

ilustrasi manfaat daun mangga/unsplash
ilustrasi manfaat daun mangga/unsplash

Selain berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, ternyata mengonsumsi daun mangga, bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Daun mangga memiliki kandungan antioksidan, yang bisa membantu mencegah radikal bebas, yang menyebabkan tanda-tanda penuaan dini.

Biasanya penuaan dini ditandai dengan munculnya garis halus di wajah, noda hitam, kulit kendur dan kantong mata menggelap.

Meredakan Peradangan

Manfaat mengonsumsi daun mangga yang terakhir, yaitu bisa membantu mencegah peradangan pada tubuh maupun kulit, karena daun mangga memiliki sifat anti inflamasi. Karena sifat anti inflamasinya, sehingga daun mangga juga membantu mengatasi jerawat, terutama kondisi wajah yang meradang akibat jerawat.

Sifat daun mangga yang satu ini, juga bisa membantu menjaga kesehatan otak, dan menyembuhkan tubuh dari sakit seperti peradangan akibat virus.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Lanjutkan Membaca ↓