Manfaat Mengonsumsi Camilan untuk Tubuh Ideal

Kezia Prasetya Christvidya07 Jul 2020, 10:40 WIB
eat-kezo

Fimela.com, Jakarta Banyak orang sangat senang mengongsumsi camilan, apalagi saat menonton film, mengerjakan tugas dan saat mengobrol dengan teman. Saat begadang, beberapa orang juga sering mengonsumsi camilan, untuk membantu perut menahan lapar.

Camilan dipercaya bisa membuat perut buncit, membuat berat badan menjadi ideal, sehingga orang yang menjalani program diet akan menghindari camilan.

Ternyata mengonsumsi camilan bisa membuat tubuh ideal, terutama mengonsumsi camilan yang memiliki kandungan gizi seimbang, bukan camilan yang mengandung gula atau kalori tinggi. Saat ingin mengonsumsi camilan, Sahabat Fimela bisa mengonsumsi seperti buah-buahan, yogurt atau oatmeal.

Berikut manfaat mengonsumsi camilan, untuk mendapatkan tubuh yang ideal, dilansir dari berbagai sumber:

 

Membantu Mengontrol Nafsu Makan

ilustrasi manfaat mengonsumsi camilan/unsplash
ilustrasi manfaat mengonsumsi camilan/unsplash

Manfaat mengonsumsi camilan yang pertama, yaitu bisa membantu mengontrol nafsu makan, sehingga bisa membuat tubuh mejadi ideal.

Jika ingin mengonsumsi camilan yang memiliki kandungan serat, karbohidrat dan nutrisi yang cukup, bisa membantu perut menahan lapar lebih lama. Karena camilan yang mengandung serat dan karbohidrat, seperti alpukat atau pisang, bisa membuat perut kenyang tanpa membuat perut buncit.

Meningkatkan Imunitas

Mengonsumsi camilan sehat, bisa membantu meningkatkan sistem imunitas di tubuh, dan berat badan tetap ideal. Konsumsilah camilan yang memiliki kandungan protein dan vitamin C, seperti buah-buahan tinggi vitamin, atau mengonsumsi yogurt dan edamame yang tinggi protein.

Kandungan protein dan vitamin C yang tinggi, bisa membantu meningkatkan sel kekebalan tubuh, dan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Membantu Mengontrol Kalori

ilustrasi manfaat mengonsumsi camilan/unsplash
ilustrasi manfaat mengonsumsi camilan/unsplash

Manfaat mengonsumsi camilan yang selanjut, bisa membantu mengontrol kalori defisit yang masuk ke dalam tubuh, dan tetap membuat tubuh ideal. Saat menjalankan program diet, Sahabat Fimela harus tetap mengonsumsi makanan berat saat sarapan, makan siang dan makan malam.

Camilan yang sehat bisa dikonsumsi saat menuju jam makan siang atau makan malam. Misalnya sarapan jam 7 pagi dan makan siang jam 12 siang, maka konsumsilah camilan sehat sekitar jam 10 atau 11 siang.

Begitu juga saat malam hari. Sekitar 2 jam sebelum makan malam, Sahabat Fimela bisa mengonsums camilan yang sehat. Mengonsumsi camilan saat jeda sarapan, makan siang dan makan malam, bisa membantumu menjaga asupan kalori harian.

Setelah mengonsumsi camilan sehat, bisa membantumu menjaga porsi makan, agar tidak makan berat terlalu banyak.

Mengontrol Kadar Gula Darah

iluistrasi manfaat mengonsumsi camilan/unsplash
iluistrasi manfaat mengonsumsi camilan/unsplash

Manfaat mengonsumsi camilan sehat yang terakhir, bisa membantu menjaga dan mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh, agar tubuh tetap ideal. Setelah beraktivitas padat, kamu boleh mengonsumsi camilan sehat, harena bisa membantu mengembalikan energi yang hilang saat beraktivitas.

Menurut ahli gizi, seorang yang menderita penyakit diabetes, harus mengonsumsi camilan sehat untuk menjaga dan mengontrol kadar gula darah.

Nyemil ternyata bukan masalah kan ya? Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Lanjutkan Membaca ↓