Tips Wawancara Kerja Lancar dan Sukses Secara Online

Kezia Prasetya Christvidya07 Jul 2020, 17:35 WIB
interview-kezo

Fimela.com, Jakarta Di zaman sekarang wawancara kerja dilakukan secara online. Hal ini untuk menghindari paparan virus corona, di tengah pandemi yang belum juga berakhir ini.

Wawancara kerja atau interview biasanya dilakukan secara langsung. Perusahaan yang melakukan wawancara secara online, biasanya dilakukan dengan video call atau telepon.

Menjalani wawancara secara online, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Justru bisa membuat seseorang lebih deg-degan. Agar wawancara lancar dan sukses, berikut tips menghadapi wawancara secara online, dirangkum dari berbagai sumber:

Memilih Tempat yang Mendukung

ilustrasi tips wawancara online/unsplash
ilustrasi tips wawancara online/unsplash

Agar wawancara secara online lancar dan sukses, pilihlah lokasi ruangan yang nyaman, yang bisa mendukungmu saat melakukan wawancara. Pilih tempat yang jauh dari suara-suara bising, agar komunikasi saat wawancara tidak terganggu, oleh orang-orang yang ada disekitar.

Kamu juga harus memilih lokasi yang terang, bisa menggunakan lampu belajar atau sinar matahari, agar wajah terlihat jelas pada saat wawancara. Melakukan wawancara secara online, bisa dilakukan di kamar, namun usahakan menggunakan latar belakang dinding yang polos.

 

Tampil Sopan dan Cantik

ilustrasi tips wawancara secara online/unsplash
ilustrasi tips wawancara secara online/unsplash

Tips wawancara lancar dan sukses secara online, gunakan tampilan yang sopan dan cantik, agar lebih menghargai dan dihargai atasan. Menjaga penampilan tetap cantik dan sopan, bisa mendapatkan nilai kepribadian dan keseriusan, karena penampilan merupakan nilai penting dalam diri.

Jika perusahaan menyuruh menggunakan dresscode, gunakanlah dresscode tersebut, agar terlihat lebih sopan dan rapi. Selain menggunakan baju yang sopan, riaslah wajahmu dengan riasan natural, agar wajah terlihat lebih segar dan menarik perhatian.

 

Mencari Sinyal Kuat

ilustrasi tips wawancara secara online/unsplash
ilustrasi tips wawancara secara online/unsplash

Tips wawancara secara online yang selanjutnya, yaitu memastikan sinyal internet bisa digunakan, agar proses wawancara secara online berjalan lancar dan sukses. Jika memiliki wifi di rumah, lakukan tes sinyal untuk mengetahui kelancaran sinyal, namun jika menggunakan kuota data maka jangan lupa isi kuota ponselmu.

Usahakan jangan sampai wawancara secara online terputus, maka persiapkan jaringan sinyal dari awal, agar tidak mengganggu jaringan internet.

Menatap Kamera

ilustrasi tips wawancara secara online/unsplash
ilustrasi tips wawancara secara online/unsplash

Tips wawancara secara online yang selanjutnya, yaitu menatap kamera laptop atau ponsel saat wawancara, agar wawancara lebih lancar dan sukses. Menatap kamera bisa membuat kontak mata, dengan orang yang mewawancaraimu, di dalam percakapan video call.

Pastikan untuk tampil percaya diri saat wawancara secara online. Menatap kamera laptop atau ponsel, sama dengan menatap mata orang yang sedang mewawancaraimu.

Namun jika ingin melihat penampilanmu di layar, liriklah satu dua kali ke layar laptop atau ponsel, untuk melihat penampilan dan posisi.

Belajar Wawancara

ilustrasi tips wawancara secara online/unsplash
ilustrasi tips wawancara secara online/unsplash

Tips wawancara secara online yang terakhir, yaitu melakukan latihan wawancara dengan teman, agar lancar dan sukses. Untuk menghilangkan grogi saat wawancara online, coba praktikkan dengan bantuan teman, yang seolah-olah ia menjadi seorang pewawancara.

Latihan wawancara dengan teman, bisa membantu melihat kekuranganmu pada saat wawancara online, agar tidak mengalami kendala pada saat wawancara serius.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Lanjutkan Membaca ↓