Tidak Hanya Menyegarkan, Ini 4 Manfaat Mandi Menggunakan Air Dingin untuk Kesehatan

Gayuh Tri Pinjungwati07 Jul 2020, 13:45 WIB
mandi

Fimela.com, Jakarta Mandi air dingin adalah bagian penting. Mandi air dingin membuat darah di jaringan yang lebih dalam mengalami sirkulasi yang lebih cepat untuk menjaga suhu tubuh yang ideal. Seseorang dengan hipertensi atau penyakit kardiovaskular, karena paparan suhu dingin memicu sistem peredaran darah untuk mengurangi peradangan dan dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari mandi air dingin di pagi hari ini untuk kesehatan tubuh.

Peningkatan Sirkulasi Tubuh

Peningkatan sirkulasi adalah salah satu alasan utama para ahli merekomendasikan mandi air dingin. Ketika air dingin mengenai tubuh dan anggota tubuh luar, itu akan menutup pori-pori kulit dan menjaga suhu tubuh tetap ideal. Ini juga dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan Tingkat Kewaspadaan

Mandi air dingin membangun tubuh untuk mendorong tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi. Air dingin juga merangsang pernapasan untuk mengambil napas lebih dalam, mengurangi tingkat CO2 di seluruh tubuh, yang dapat membantumu berkonsentrasi. Dengan demikian mandi air dingin dapat membantumu siap dan fokus sepanjang hari.

Menurunkan Berat Badan

berat badan
ilustrasi menimbang berat badan/copyright By aslysun (Shutterstock)

Beberapa sel lemak seperti brown fat dapat menghasilkan panas dengan membakar lemak. Selain meningkatkan laju metabolisme secara langsung, merangsang pembentukan brown fat. Brown fat adalah jenis spesifik dari jaringan lemak yang pada gilirannya menghasilkan energi dengan membakar kalori. Jadi, mandi air dingin adalah cara efektif untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

Membuat Kulit Lebih Sehat

Menurut salah satu pakar kesehatan, air dingin dapat mengencangkan dan menghambat aliran darah yang membuat kulit lebih bersinar dan sehat. Air dingin tidak seperti air panas, tidak mengeringkan lapisan sebum yang menjadi minyak alami yang memberikan perlindungan bagi kulit dan rambut. Sebagai efek dari air dingin, rambut mungkin akan menjadi lebih kuat dan lebih sehat dari waktu ke waktu.

Mandi air dingin terbukti memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan. Bagi Sahabat Fimela yang mungkin susah konsentarasi di siang hari, sangat dianjurkan untuk mencuci muka dengan air dingin untuk mengembalikan tingkat konsentrasi tersebut.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓