Berhenti Menyakiti Diri Sendiri, 5 Cara Nyaman Pulihkan Diri dari Patah Hati

Endah Wijayanti08 Jul 2020, 08:15 WIB
tips untuk move on

Fimela.com, Jakarta Cinta bertepuk sebelah tangan, pasangan yang ternyata berselingkuh, hingga penolakan cinta selalu menghadirkan luka yang begitu dalam. Patah hati tak pernah membuat hidup kita baik-baik saja. Bahkan rasanya dunia jadi jungkir balik saat kita merasakan perihnya luka karena cinta.

Move on! Banyak orang yang meminta kita untuk cepat move on saat baru patah hati. Hanya saja untuk move on kadang tak semudah teori atau omongan orang. Kita perlu berproses untuk memulihkan diri terlebih dahulu. Dan ada banyak cara yang bisa dicoba untuk sembuh dari patah hati.

1. Membuang Semua Hal yang Berkaitan dengan Luka Hatimu

Misalnya kamu baru putus dari kekasihmu. Maka, jangan ragu untuk menyingkirkan semua benda yang mengingatkanmu tentangnya. Mulai dari kado-kado hingga foto-foto. Ini bukan karena kamu marah atau menyesali keadaan, tapi karena kamu butuh segera membuka lembaran baru. Hilangkan semua kepahitan agar kamu lebih mudah menyambut hari-hari yang lebih baik.

2. Menangislah tapi Jangan Lama-Lama

Mengutip laman inspiringtips.com, tidak sehat memendam emosi sendiri saat bertahan dari pengalaman putus cinta. Salah satu cara untuk mengeluarkan emosi dan perasaan negatif itu adalah menangis. Izinkan dirimu untuk bersedih dan keluarkan air matamu untuk membuat perasaanmu lega. Tapi setelah itu hapus air mata dan perlahan bangkit dengan hati yang baru.

3. Habiskan Waktumu dengan Orang-Orang yang Jelas-Jelas Mencintaimu

ilustrasi move on cancer/pixabay
ilustrasi./pixabay

Yang kadang menyulitkan kita untuk segera move on adalah karena merasa kesepian. Untuk itu kita butuh menguatkan lagi ikatan dengan orang-orang yang sudah jelas-jelas mencintai kita. Habiskan waktu dengan keluarga atau sahabat. Curahkan hati dan perasaanmu pada orang-orang yang selalu ada di sisimu. Hal ini akan menghadirkan semangat baru dalam hidup dan menyadarkanmu bahwa hidupmu sangat berharga.

4. Jangan Terlalu Lama Mengurung Diri

Keluarlah dari kamar. Berhenti meratapi kesedihan seorang diri. Pergilah keluar. Bisa dengan melakukan olahraga atau merencanakan liburan. Aktivitas fisik bisa membuat tubuh melepaskan endorfin, hormon yang membuatmu merasa bahagia. Semakin banyak hormon endorfin yang dilepaskan oleh tubuh, semakin berkurang sters yang dirasa.

5. Fokus pada Kelebihan-Kelebihan Diri

Hanya karena ditolak oleh seseorang, bukan berarti kamu tak berharga. Hanya karena pasanganmu selingkuh, bukan berarti kamu tak layak dicintai. Hanya karena cintamu bertepuk sebelah tangan, bukan berarti kamu tak punya kesempatan untuk kembali merasakan cinta. Meski memang tidak mudah, tapi kamu bisa kembali fokus pada kelebihan-kelebihan dirimu. Bisa juga coba hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Setidaknya sibukkan dirimu supaya tidak terus meratapi kesedihan dan kepedihan lukamu.

Hidup kita akan senantiasai diwarnai pengalaman baru. Ada sedih, tapi ada juga bahagia. Ada air mata, tapi juga ada air mata. Jadi, jangan terlalu lama tenggelam dalam kesedihan, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓