5 Alasan Memiliki Rumah Sendiri adalah Impian yang Layak Diwujudkan

Endah Wijayanti07 Jul 2020, 16:28 WIB
impian rumah sendiri

Fimela.com, Jakarta Dari berbagai macam impian yang kita punya dalam hidup, memiliki rumah sendiri menjadi salah satu impian terbesar banyak orang. Khususnya pada generasi milenial atau Gen Y yang lahir pada periode 1981-1997. Meski memiliki rumah sendiri tergolong impian yang "mahal" tapi, seperti yang tercantum dalam buku Citizen 4.0., generasi milenial dikenal sebagai generasi yang memiliki tingkat opitisme yang tinggi.

Ada yang memilih untuk berjuang memiliki rumah sendiri sebelum menikah. Ada yang memutuskan untuk tinggal di rumah mertua sembari menabung untuk memiliki rumah sendiri. Ada juga yang untuk sementara mengontrak rumah sembari bekerja lebih keras untuk mengumpulkan uang sebagai modal punya rumah sendiri. Impian memiliki rumah sendiri, betapa pun sulitnya perjuangannya, tetaplah layak untuk diwujudkan.

1. Memiliki Rumah Sendiri Menjadi Salah Satu Cara untuk Hidup Lebih Mandiri

Seiring bertambahnya usia, kita punya tendensi untuk tak ingin merepotkan orang lain. Ingin bisa lebih hidup mandiri. Memiliki rumah sendiri merupaka salah satu cara untuk bisa meningkatkan kemandirian. Tidak lagi terlalu bergantung pada orang lain untuk menjalani keseharian.

2. Memiliki Rumah Sendiri Menghadirkan Semangat untuk Lebih Baik Jalani Hidup

Ada baiknya untuk menyiapkan mental yang kuat juga sebelum memutuskan membeli rumah. Sebab saat sudah memiliki rumah sendiri, maka ada tanggung jawab baru yang harus ditanggung. Merawat dan menjaga rumah dengan baik juga butuh usaha ekstra. Bahkan pengeluaran-pengeluaran bulanan pun bertambah, seperti membayar listrik dan air sendiri. Dari sini kita akan memiliki semangat baru untuk jalani hidup lebih baik. Setidaknya bisa membuat kita lebih semangat bekerja untuk bisa menjaga rumah dengan lebih bertanggung jawab.

 

 

3. Memiliki Rumah Sendiri Menghadirkan Ketenangan

bekerja di rumah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/weedezign

Rumah akan menjadi tempat kita untuk mencari kenyamanan. Sandang, pangan, dan papan menjadi kebutuhan pokok dalam hidup. Saat ketiga hal tersebut sudah terpenuhi dalam hidup, maka rasanya hidup akan baik-baik saja. Sesulit apa pun masalah baru yang akan kita hadapi, saat kita sudah bisa memenuhi kebutuhan mendasar dalam hidup, maka ada rasa ketenangan sendiri yang kita miliki.

4. Memiliki Rumah Sendiri adalah Investasi Jangka Panjang

Setiap tahunnya, harga lahan dan rumah akan terus naik. Idealnya memang membeli rumah semakin cepat semakin baik. Namun, realitanya tidak mudah untuk bisa membeli rumah secepat yang kita inginkan. Rumah bisa menjadi investasi sendiri. Misalnya, karena ada satu dan lain hal kita tak menempati rumah tersebut, kita bisa menyewakannya. Bisa juga menjadikan rumah tersebut sebagai tempat usaha baru. Atau kelak bisa diwariskan ke anak cucu.

5. Memiliki Rumah Sendiri Membuka Banyak Kesempatan Baru

Punya rumah sendiri berarti menambah tanggung jawab baru. Di sisi lain, punya rumah sendiri juga bisa membuka banyak kesempatan baru. Sebagai contoh, kita bisa menciptakan ruang kerja baru di rumah atau membuka bisnis rumahan di tempat yang lebih nyaman. Dapat menambah penghasilan dari ruang-ruang yang dimiliki di rumah. Selain itu, kita juga bisa memudahkan saudara atau keluarga untuk bersilaturahmi. Sehingga kesempatan untuk menjaga hubungan baik keluarga bisa semakin lebar.

Memiliki rumah sendiri adalah impian besar dan berat. Sesulit apa pun impian tersebut, semoga bagi yang saat ini sedang berjuang dan masih berusaha keras mewujudkan impian itu, semakin dimudahkan jalannya. Berusaha sebaik-baiknya dan sertai dengan doa-doa terbaik. Impian untuk memiliki rumah sendiri bukanlah sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓