9 Manfaat Ciuman bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Annissa Wulan13 Jul 2020, 20:30 WIB
Ilustrasi pasangan romantis

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu juga sudah pernah dengar bahwa ciuman sangat baik untuk kesehatan mental dan fisik. Dilansir dari sheknows.com, berikut ini adalah beberapa manfaat utama ciuman bagi kesehatan mental dan fisik. Penasaran?

1. Membakar kalori

Ciuman tidak akan membakar kalori seperti ketika kamu melakukan olahraga, namun dapat memompa metabolisme sekitar 2 kali lipat dari biasanya. 1 kalori biasa terbakar setiap 1 menit, namun ciuman dapat membakar sekitar 2 sampai 3 kalori per menit.

2. Meningkatkan ikatan

Ciuman dapat meningkatkan ikatan dan keintiman. Ketika berciuman, tubuh akan menghasilkan hormon oksitosin atau yang sering disebut sebagai hormon cinta.

3. Memicu gairah

Ciuman adalah jenis foreplay yang kuat, dapat membantu meningkatkan peluang untuk merasakan pengalaman seksual yang lebih baik dan menyenangkan.

 

 

4. Melawan penyakit

Ilustrasi pasangan romantis
Ilustrasi pasangan romantis. Sumber foto: unsplash/Christiana Rivers.

Ciuman dan seks dapat membantu membangun kekebalan tubuh dan memiliki tingkat antibodi untuk melawan infeksi.

5. Membuat hubungan pernikahan menjadi lebih baik

Ciuman dapat membuat tubuh secara tidak sadar berbagi informasi tentang sistem kekebalan tubuh. Secara biologis, penting bagi dua orang di dalam sebuah hubungan untuk membawa gen sistem kekebalan yang berbeda, sehingga keturunan mereka memiliki peluang yang lebih baik untuk bertahan hidup.

6. Meningkatkan kebahagiaan

Ciuman juga melepaskan endorfin. Hormon endorfin adalah hormon yang membuat seseorang merasa bahagia.

7. Menurunkan kolestrol

Ilustrasi pasangan romantis
Ilustrasi pasangan romantis. Sumber foto: unsplash.com/Savs.

Ciuman juga dikatakan memiliki efek positif pada kolestrol. Peningkatan perilaku kasih sayang akan mempengaruhi peningkatan kondisi fisik dan psikologis yang diketahui diperburuk oleh stres, seperti kolestrol.

8. Menurunkan stres

Ciuman dapat menurunkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon stres dan memiliki efek negatif pada sistem kekebalan tubuh, sistem endokrin, dan kesehatan otak.

9. Memperbaiki gejala alergi

Sebuah studi dari Jepang tahun 2003 yang diterbitkan dalam Physiology and Behavior, ciuman juga dapat memperbaiki gejala alergi.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓