4 Cara Mudah Membangkitkan Rasa Percaya Diri yang Bisa Dicoba

Imelda Rahma07 Jul 2020, 18:35 WIB
Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Rasa percaya diri hampir mirip seperti mood seseorang, bisa naik dan juga bisa turun. Itu adalah hal yang wajar karena pasti ada alasan mengapa rasa percaya diri dapat naik ataupun turun. Ketika kamu mendapatkan hal yang kamu inginkan atau memenangkan sesuatu, kamu akan merasa sangat percaya diri. Namun, saat kamu gagal dan kalah, pastinya kamu akan kehilangan rasa percaya diri.

Rasa percaya diri itu posisinya sangat penting dalam hidup karena tidak akan ada satupun orang yang memercayaimu ketika kamu sendiri saja tidak bisa percaya pada dirimu sendiri. Untuk itu, kamu harus mendapatkan rasa percaya diri agar segala hambatan atau rintangan dalam hidup itu kamu mampu memecahkannya.

Rasa percaya diri juga sangat kompleks, ada yang tidak percaya diri ketika berbicara didepan umum, ada yang tidak percaya diri ketika berjalan keluar rumah, serta tampil didepan publik. Ketika kamu kehilangan kepercayaan diri, kamu juga akan kehilangan banyak kesempatan dalam hidup. Maka dari itu, rasa percaya diri harus tetap tumbuh agar kamu mampu melewati semuanya.

Nah, bicara soal percaya diri, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 4 cara mudah membangkitkan rasa percaya diri yang bisa dicoba. Untuk kamu yang sedang krisis percaya diri, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Buatlah Daftar Kelemahan dan Kelebihan Diri

Buatlah Daftar Kelemahan dan Kelebihan Diri
Ilustrasi Menulis To Do List Credit: pexels.com/pixabay

Cara mudah membangkitkan rasa percaya diri yang pertama ialah mulai dari hal sederhana yakni, menulis kelemahan dan kelebihan diri. Dengan mulai menulis kelemahan dan kelebihan diri, kamu akan semakin mengenal apa yang menjadi kekuatanmu dan apa yang menjadi kekuarnganmu.

Ketika kamu sudah menuliskannya, kamu akan tahu apa yang seharusnya kamu tingkatkan dan apa yang harusnya kamu tonjolkan. Tidak ada orang yang tidak memiliki kekurangan. Semuanya seimbang. Maka dari itu, cara terbaik untuk membangkitkan rasa percaya diri ialah ketika kamu tahu apa yang harus kamu perbuat dengan kelebihan dan kekuranganmu.

Cari Motivasi

Cari Motivasi
Ilustrasi Mencari Motivasi Credit: pexels.com/pixabay

Kedua, cara mudah membangkitkan rasa percaya diri berikutnya ialah dengan mencari hal-hal yang bisa memotivasi. Saat kamu menemukan sesuatu yang memotivasi, entah konten, film, lagu, buku, dan yang lainnya, sugesti keyakinan dalam diri akan bertambah. Melihat kisah orang lain yang pernah mengalami kesulitan yang sama denganmu dan kamu bisa belajar darinya.

Percaya atau tidak, sugesti itu bisa berdampak besar pada perubahan dan pengembangan diri termasuk rasa percaya diri seseorang. Sugesti tentunya bisa didapatkan dengan cara mencari sosok yang dapat memberikan motivasi positif untukmu.

Mengubah Hujatan Menjadi Tantangan

Mengubah Hujatan Menjadi Tantangan
Ilustrasi Berpikir Positif Credit: pexels.com/pixabay

Ketiga, cara membangkitkan rasa percaya diri juga bisa tumbuh ketika kamu mulai mengubah hujatan atau hinaan yang kamu terima sebagai tantangan. Jadikan ejekan orang-orang sebagai batu loncatan untuk kamu memperbaiki diri. Saat kamu menerimanya sebagai tantangan, emosi yang ada bukanlah emosi negatif, melainkan emosi yang positif.

Rasa percaya diri perlahan akan ikut muncul seiring dengan langkahmu dalam memperbaiki diri karena kamu menganggap apa yang dikatakan oleh orang-orang adalah tantangan buatmu. Jangan takut, dengan berjalannya waktu, kamu akan berubah dan lebih percaya diri.

Berteman dengan Lingkungan yang Membangun

Berteman dengan Lingkungan yang Membangun
Ilustrasi Pertemanan Credit: pexels.com/pixabay

Terakhir, cara mudah membangkitkan rasa percaya diri adalah dengan memiliki lingkar pertemanan yang membangun. Peran teman sangat berpengaruh besar dalam pengembangan diri. Temanmu adalah cerminanmu, banyak orang yang percaya akan hal itu. Pertemanan yang positif dan membangun akan membantumu untuk berkembang sehingga kamu bisa percaya diri.

Sementara itu, jauhi lingkar pertemanan toxic yang bisa membuatmu menjadi terpuruk. Contohnya adalah mereka yang hobi bergosip dan saling menjelekkan satu sama lain. Kamu tidak butuh teman seperti itu. Teman yang kamu butuhkan ialah mereka yang bersedia mendukung dan membantu kamu untuk mengembalikan rasa percaya diri.

Lanjutkan Membaca ↓