4 Cara Mudah Atasi Fobia Berlebihan yang Bisa Dicoba

Imelda Rahma08 Jul 2020, 07:45 WIB
Fobia

Fimela.com, Jakarta Fobia adalah sebuah keadaan dimana kamu merasakan takut yang sangat berlebihan pada suatu benda, situasi, dan hal tertentu lainnya. Fobia biasanya berawa; dari trauma yang pernah membuatmu merasa takut, cemas, dan gelisah secara tidak rasional. Untuk kasus fobia sendiri, setiap orang memilikinya masing-masing. Ada yang takut terhadap buah, barang tertentu, sampai pada kondisi seperti gelap dan juga ketinggian.

Ada stimulus yang bermain dalam otakmu sehingga membuatmu merasa takut terhadap hal tersebut. Mungkin awalnya terlihat tidak mengganggu namun untuk situasi tertentu pasti fobia akan membuatmu ketakutan. Kemudian orang berpikir bahwa fobia tidak bisa dihilangkan karena sudah tertanam pada diri. Nyatanya, fobia bisa diatasi dengan melakukan berbagai cara.

Memang tidak mudah dan akan membutuhkan waktu, namun menghilangkan fobia bisa membawa keuntungan buatmu, apalagi jika kamu fobia terhadap sesuatu yang kamu temui setiap hari. Pasti akan terasa menyiksa jika terus kamu biarkan tanpa berusaha untuk mengatasinya.

Oleh karena itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 4 cara mudah atasi fobia berlebihan yang bisa dicoba. Simak informasinya dan aplikasikan agar fobia yang kamu miliki bisa segera cepat teratasi.

Menghadapinya Secara Langsung

Menghadapinya Secara Langsung
Ilustrasi Ekspresi Fobia Credit: pexels.com/pixabay

Pertama, cara mudah atasi fobia yang bisa kamu coba adalah dengan menghadapi ketakutanmu secara langsung. Mungkin terdengar nekat namun hal ini bisa membuatmu tidak takut lagi dengan fobia tersebut. Misalnya ketika kamu takut gelap, hadapi kegelapan tersebut. Jika tekanannya terlalu kuat, kamu bisa segera mundur lalu esoknya kamu coba lagi.

Menantang atau menghadapi fobia secara langsung yang dilakukan berulang-ulang akan memperkecil rasa takut itu sendiri. Hal ini terjadi karena kamu sudah semakin terbiasa dengan kondisi yang membuatmu fobia. Perlahan justru kamu akan menyadari bahawa tidak ada hal yang perlu kamu takutkan lagi dari fobis tersebut.

Mencoba Terapi Biofeedback

Mencoba Terapi Biofeedback
Ilustrasi Biofeedback Credit: pexels.com/pixabay

Kedua, cara untuk mengatasi fobia berlebihan selanjutnya selain menggunakan cara manual seperti menghadapinya secara langsung, kamu juga bisa menggunakan beberapa terapi khusus. Salah satu terapi khusus yang disediakan untuk mengatasi fobia ialah terapi biofeedback.

Pada terapi biofeedback, dokter akan memasang elektroda ke kulitmu. Detak jantung, frekuensi nafas dan aktivitas ototmu akan terlihat pada monitor. Biofeedback memberi kesempatan bagi orang dengan fobia untuk melihat respon fisiologisnya terhadap stres. Diharapkan kesadaran itu akan membantu sang penderita fobia untuk lebih bisa mengontol ketakutannya.

Berkumpul dengan Support Group

Berkumpul dengan Support Group
Ilustrasi Support Group Credit: pexels.com/Jopwell

Ketiga, cara mudah untuk atasi fobia ialah dengan berkumpul bersama support group. Support group yang dimaksud adalah komunitas yang dibuat khusus untuk prang-orang yang memiliki kesamaan fobia. Berkumpul dengan mereka bisa membuatmu saling berbagi informasi bagaimana caranya untuk menghilangkan fobia yang dimiliki.

Adanya support group bisa menjaga kesehatan mentalmu juga dari fobia berlebihan yang sedang kamu alami. Hal ini bisa membuatmu berbagi perasaan denga orang lain sehingga kamu tidak merasa bahwa diri amu adalah sosok yang aneh akibat fobia yang kamu alami.

Mengonsumsi Obat Tertentu

Mengonsumsi Obat Tertentu
Ilustrasi Obat-Obatan Credit: pexels.com/pixabay

Terakhir, cara mudah untuk atasi fobia ialah dengan meminum atau mengonsumsi obat-obatan tertentu yang diberikan oleh dokter. Tentu saja hal ini merupakan langkah yang harus kamu ambil jika memang fobia yang kamu alami benar-benar dalam tahap yang parah atau akut sehingga membahayakan diri.

Pastikan jangan mengonsumsi sembarang obat untuk mengatasi fobia, konsumsi obat yang diberikan oleh dokter saja. Hal ini jika kamu langgar dan kamu bereksperimen secara bebas bisa berakibat fatal pada kondisi kesehatan tubuh dan mental. Perhatikan juga dosisnya, disiplin dan jangan melebihi dosis agar pengobatan berjalan maksimal.

Lanjutkan Membaca ↓