5 Cara Mudah Meringankan Demam dan Sakit Kepala dalam Semalam

Imelda Rahma08 Jul 2020, 14:45 WIB
Sakit kepala dan Demam

Fimela.com, Jakarta Demam dan sakit kepala merupakan dua penyakit ringan yang paling mudah menyerang imunitas tubuh. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami demam dan sakit kepala, sebagian besar penyebabnya berhubungan dengan aktivitas sehari-hari yang dilakukan secara berlebihan. Misalnya, kelelahan bekerja dan juga stres.

Gejala ini apabila tidak diatasi dengan cepat dapat mengganggu aktivitas dan juga produktivitas sehari-hari. Pastinya dalam keadaan demam, suhu tubuh akan meningkat dan badan pun jadi lemas. Sakit kepala juga membuatmu tidak bisa berpikir dan mengerjakan sesuatu.

[bacajuga:Baca Juga](4125316 4113215 4110730

Walaupun termasuk penyakit ringan, demam dan sakit kepala yang tidak segera diobati akan memancing komplikasi lainnya seperti diare dan juga maag. Akhirnya tubuh terkena beragam penyakit untuk waktu yang lama. Jika kamu tidak menginginkan hal tersebut terjadi, maka kamu harus tahu cara yang tepat untuk mengobatinya.

Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 cara mudah meringankan demam dan sakit kepala dalam semalam. Seringan apapun penyakit sebaiknya tidak kamu sepelekan agar keadaan cepat membaik dan kamu pun cepat sembuh. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Minum Obat Penurun Demam

Minum Obat Penurun Demam
Ilustrasi Obat Penurun Deman Credit: pexels.com/pixabay

Cara yang pertama setelah kamu mulai mengalami gejala demam dan sakit kepala ialah segera mengonsumsi obat penurun demam yang mengandung paracetamol dan ibuprofen. Kamu bisa menemukan dan membelinya dengan mudah di apotik terdekat karena obat penurun demam biasanya terjual bebas di apotik tanpa memerlukan resep dokter.

Kandungan paracetamol dan ibuprofen yang ada pada obat penurun demam akan menurunkan panas dan juga meredakan nyeri demam termasuk saat kamu merasa sakit kepala. Kandungan keduanya sangat efektif dalam meringankan demam dan sakit kepala, konsumsi pada malam hari dan keesokan harinya tubuh akan terasa jauh lebih baik.

Banyak Mengonsumsi Air Hangat

Banyak Mengonsumsi Air Hangat
Ilustrasi Mengonsumsi Air Hangat Credit: pexels.com/Daria

Kedua, cara mudah meringankan demam dalam semalam ialah mengonsumsi air hangat dalam jumlah yang banyak. Hindari air dingin untuk sementara waktu dan ganti dengan air hangat. Pada saat demam, tubuhmu membutuhkan banyak cairan dan air hangat tidak hanya akan menggantikan cairan tubuh tetapi juga memberikan efek agar suhu tubuh tidak naik.

Mengonsumsi air hangat bisa memperlancar sirkulasi pada pembuluh darah, membuat otot-otot tubuh menjadi rileks. Dengan cara ini akan membantu mengatasi rasa nyeri dari sendi-sendi yang sakit. Akan lebih baik lagi jika saat mengonsumsi obat penurun demam dilarutkan bersama dengan air hangat. Kondisi tubuh pun akhirnya akan semakin membaik pada esok hari.

Mengonsumsi Sayur dan Buah

Mengonsumsi Sayur dan Buah
Ilustrasi Sayur Sop Credit: pexels.com/pixabay

Selanjutnya, cara mudah meringankan demam dan sakit kepala ialah dengan mengonsumsi buah dan sayur. Hindari makanan-makanan yang asam dan juga pedas karena akan memberikan efek buruk pada tubuh, apalagi jika kondisi tubuh sedang demam. Mengonsumsi sayur dan buah jauh lebih baik karena keduanya memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk memperlancar proses metabolisme tubuh.

Makan sayur selagi hangat agar tubuh menjadi rileks dan demam pun turun. Untuk makanan penutup, kamu juga bisa mengonsumsi buah. Kamu bisa memilih buah jeruk, apel, dan juga anggur yang baik dikonsumsi pada saat demam dan sakit kepala. Jika kamu bosan memakan buah secara langsung, kamu bisa menyajikannya dalam bentuk jus tanpa tambahan es batu.

Menempelkan Koyo Pada Dahi

Menempelkan Koyo Pada Dahi
Ilustrasi Penggunaan Koyo Credit: pexels.com/pixabay

Keempat, selain mengonsumsi obat dan makanan sehat, cara mudah meringankan demam dalam semalam yang bisa kamu coba ialah dengan menempelkan koyo khusus demam pada dahi. Menempelkan koyo di dahi sangat efektif untuk menurunkan demam, nyeri, dan juga sakit kepala. Mungkin efek yang dirasakan adalah dingin dan kurang nyaman, namun jika kamu memakainya saat tidur maka tidak akan terasa.

Selain koyo, kamu juga bisa meng-kompres kepala dengan air hangat lalu ditempelkan pada dahi. Cara ini merupakan penanganan demam yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang karena dinilai mampu menurunkan suhu tubuh dengan cepat, juga memberikan efek nyaman sehingga tidur bisa lebih pulas saat demam.

Banyak Istirahat dan Tidur

Banyak Istirahat dan Tidur
Ilustrasi Istirahat dan Tidur Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Terakhir, cara mudah meringankan demam dan sakit kepala dalam semalam akan semakin baik jika kamu memaksimalkan waktu tidur dan istirahat. Bisa jadi tubuhmu demam dan sakit kepala karena kelelahan akibat terlalu banyak bekerja. Maka dari itu, demam dan sakit kepala menjadi reminder agar kamu meng-istirahatkan tubuh lebih lama.

Saat sedang demam dan sakit kepala sebaiknya hindari aktivitas begadang yang tidak perlu. Selain itu, hindari juga overthinking karena hal tersebut hanya akan memperburuk rasa sakit kepala yang sedang kamu alami.

Lanjutkan Membaca ↓