Cegah Rasa Bosan dalam Pernikahan, 5 Cara Tingkatkan Romantisme dengan Pasangan

Endah Wijayanti08 Jul 2020, 11:35 WIB
mengatasi rasa bosan

Fimela.com, Jakarta Setelah menikah, ada banyak hal dan pengalaman baru yang akan dialami bersama pasangan. Segala sesuatu akan terasa berbeda. Hanya saja kadang permasalahan yang muncul seiring waktu berjalan adalah munculnya rasa bosan dalam pernikahan.

Untuk mencegah rasa bosan atau mengatasi rasa bosan dalam pernikahan, maka perlu meningkatkan romantisme dengan pasangan. Mengutip laman bustle.com, Erika Labuzan-Lopez, LMFT, LPC seorang ahli terapi pernikahan dan keluarga, mengungkapkan bahwa rasa bosan biasanya muncul saat orang terjebak dalam sebuah rutinitas. Melakukan hal sama tiap pekan dan tidak punya waktu untuk fokus pada hubungan. Dia menambahkan bahwa penting untuk menggarisbawahi bahwa rasa bosan tidak selalu menjadi permasalahan besar, malah bisa menandakan hubungan yang sehat dan stabil. Kabar baiknya adalah pasangan bisa melakukan banyak hal untuk mengatasi rasa bosan dan meningkatkan romantisme dalam hubungan.

1. Menjadwalkan Kencan Rutin Berdua

Ya, setelah menikah tetap penting untuk menjadwalkan waktu khusus untuk kencan. Atur jadwal kencan dan buat rencana kencan yang berbeda setiap waktunya. Bisa menghabiskan waktu berdua saja melakukan hal-hal baru saat kencan akan membuat hubungan jadi makin romantis. Tak ada lagi rasa bosan yang melanda.

2. Mencoba Hal-Hal Baru Bersama

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Arthur Aron menemukan bahwa mencoba hal-hal baru adalah kunci untuk menjaga hubungan tetap bertahan. Dalam sebuah penelitian tahun 1993, 53 pasangan suami istri diminta untuk menilai kualitas hubungan mereka sebelum dibagi menjadi tiga kelompok. Satu kelompok disuruh memilih satu aktivitas untuk dilakukan bersama-sama selama 90 menit setiap pekan, satu kelompok disuruh melakukan aktivitas menyenangkan tapi rutin bersama-sama selama 90 menit setiap pekan, dan satu kelompok lagi disuruh untuk tidak mengubah apa pun selama 10 pekan. Setelah 10 pekan, pasangan dari kelompok yang melakukan hal-hal baru bersama ternyata merasa paling puas dalam hubungan mereka. Mengupayakan melakukan hal baru bersama-sama di luar rutinitas harian bisa cegah rasa bosan dalam hubungan.

3. Mencoba Hal-Hal Baru dalam Hubungan Intim

Hubungan Intim/Seks
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kualitas hubungan intim bisa memengaruhi keharmonisan hubungan. Coba hal-hal baru dalam hubungan intim. Tingkatkan kepuasan dan kenyamanan dalam hubungan intim untuk meningkatkan romantisme. Cara ini pun diyakini sangat efektif untuk mencegah rasa bosan dalam pernikahan.

4. Memperbanyak Tawa Bersama

Salah satu cara meningkatkan ikatan hubungan adalah dengan tertawa bersama. Pasangan yang menghabiskan banyak waktu bersama untuk tertawa bisa merasa lebih dekat satu sama lain. Sara Algoe, profesor psikologi sosila di University of North Carolina di Chapel Hill mengungkapkan bahwa orang yang menghabiskan lebih banyak waktu tertawa dengan pasangan akan merasa semakin mirip dengan pasangannya. Semakin sering seseorang tertawa dengan apsangan, semakin kuat ia merasa mendapat sokongan dari pasangannya.

5. Memperbanyak Ciuman

Sebuah penelitian tahun 2009 yang dipresentasikan di American Association untuk Advancement of Sciene menemukan bahwa berciuman berperan penting dalam membantu pasangan untuk tetap bersama dan terus bersama karena berciuman melepas oksitosin, hormon cinta. Berciuman juga dapat menurunkan kadar hormon stres, kortisol. Sehingga pasangan bisa merasa lebih rileks dan tenang setelah berciuman. Memperbanyak ciuman, pelukan, dan sentuhan-sentuhan hangat bisa sangat efektif untuk mencegah rasa bosan dalam pernikahan.

Semoga pernikahan yang dijalani saat ini senantiasa langgeng dan dipenuhi dengan lebih banyak kebahagiaan, ya. Serta semoga tips-tips di atas bermanfaat.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓